Tengkulak Jadi Target Sensus Ekonomi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tengkulak Jadi Target Sensus Ekonomi

Tengkulak Jadi Target Sensus Ekonomi

Written By Mang Raka on Rabu, 04 Mei 2016 | 14.00.00

JATISARI, RAKA - Sensus ekonomi saat ini sedang berlangsung. Semua jenis usaha yang dikembangkan oleh masyarakat didata, tidak terkecuali bagi para tengkulak padi yang mengambil keuntungan dari para petani saat panen.
Seorang petugas sensus ekonomi di Desa Balonggandu, Budi mengatakan, pendataan dilakukan oleh 32 petugas mulai tanggal 1 Mei sampai 31 mei 2016. Rinciannya ada 24 petugas pencacah lapangan (PCL) dan 8 pemeriksa lapangan (PML). Untuk proses sensus dilakukan secara detail satu persatu. "Sebenarnya ada dua kelompok jenis usaha yang disensus, pertama yang sudah masuk data BPS yang kedua yang belum masuk data BPS," jelasnya kepada Radar Karawang, kemarin.
Disinggung mengenai kinerja, dia menyampaikan semua petugas bekerja dengan baik. Dia berharap sampai tuntas semuanya tidak ada persoalan. Adapun yang menjadi petugas mayoritas warga Balonggandu, bahkan termasuk beberapa orang yang juga sebagai pegawai desa. Untuk jenis usaha yang disensus, ia menyampaikan, semua jenis usaha dilakukan penyensusan kecuali pertanian. Dia mencontohkan seperti para petani padi, yang merawat dari nol sampai panin itu tidak disensus. Tetapi untuk tengkulaknya disensus. "Itu secara detil yah, mulai dari biaya operasionalnya sampai pendapatan pertahunnya," jelasnya.
Untuk jenis usaha lainnya yang masuk pertanian adalah ternak lele. Jika ada warga yang menernak lele dari nol kemudian sampai besar dan dijual, itu tidak disensus, tetapi berbeda untuk pemancingan. Karena ikan yang dijual oleh pengusaha pemancingan itu bukan ternak dari kecil kemudian dibesarkan, melainkan beli sudah besar dan langsung dijual. "Kalau untuk karyawan dan PNS itu juga disensus, tapi bagi karyawan dan PNS yang punya usaha lain, seperti warung atau lain sebagainya," jelasnya.
Disinggung mengenai beredarnya isu bahwa kinerja para petugas sensus ekonomi mengandalkan jasa para ketua RT/RW, dia menyampaikan di Desa Balonggandu tidak ada, semua petugas menjalankan tugasnya dengan baik. Tetapi harus dipahami, bahwa PCL itu yang melakukan pencacahan di lapangan, sedangkan PML yang memeriksa data dari lapangan. "Jadi kalau PML memang tidak turun ke lapangan. Tapi memeriksa data yang ada," ujar Budi yang juga sebagai pegawai Desa Balonggandu.
Kepala Desa Balonggandu, Suhana, mengaku telah melakukan pengawasan secara ketat terhadap para petugas sensus. Karena dia tidak mau ada kesalahan sensus sehingga menjadi persoalan dikemudian hari, terlebih saat ini Desa Balonggandu merupakan desa yang ditunjuk oleh kecamatan untuk mewakili lomba desa tingkat kabupaten. "Saya lihat semuanya bekerja dengan baik. Untuk sementara ini yah. Kami juga ikut melakukan pengawasan. Karena gak mau ada masalah dikemudian hari," ujar Suhana. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template