Telagasari Kembali Jadi wakil Karawang Lomba Desa Provinsi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Telagasari Kembali Jadi wakil Karawang Lomba Desa Provinsi

Telagasari Kembali Jadi wakil Karawang Lomba Desa Provinsi

Written By Mang Raka on Jumat, 20 Mei 2016 | 15.00.00

TELAGASARI, RAKA - Entah apa dasarnya, setiap tahun desa-desa di Kecamatan Telagasari bergiliran ditunjuk mewakili lomba desa tingkat Provinsi Jawa Barat. Meskipun selalu kalah dari desa di kabupaten/kota lainnya, karena hingga saat ini belum pernah menyabet juara 1. Namun lazimnya agenda rutin, desa-desa di Telagasari selalu menjadi desa yang diistimewakan dibanding 297 desa/kelurahan lainnya di Karawang.
Kamis pagi (19/5), giliran Desa Cariumulya yang ditunjuk mewakili kabupaten dan langsung dinilai tim BPMPD Provinsi Jawa Barat, setelah tahun sebelumnya Desa Kalibuaya dan Cilewo mewakili lomba serupa.
Dalam sambutannya, Bupati Karawang dr Cellica Nurachdiana menuturkan Desa Cariumulya ini adalah desa yang menjadi nominator yang mewakili ratusan desa dan kelurahan di Karawang dalam lomba desa tingkat Provinsi Jawa Barat. Rentetan penilaian sendiri sebut Cellica, langsung dibawah komando Kepala BPMPD Provinsi Jawa Barat bersama tim penilaiannya.
Ia sampaikan bahwa Karawang merupakan kota lumbung padi dan industri, tapi dalam membangun desa, peran seni dan kebudayaan tidak serta merta di hilangkan begitu saja. Betapa tidak, di Desa Cariumulya adalah satu dari sekian desa dengan segudang senimannya. Karenanya, melalui indikator penilaian layanan pemerintahanan, kemasyarakatan dan sosial ini diharapkannya bisa menjadi contoh layanan publik maksimal sesuai harapan dari parameter Permendagri. "Semoga saja lomba ini jadi representasi peningkatan layanan masyarakat kedepan, mudah-mudahan bisa juara 1," harap dia.
Sementara itu, Kepala BPMPD Provinsi Jawa Barat Kusmayadi Dinata mengatakan mengapresiasi sambutan hangat tim penilaian lomba desa oleh Pemkab Karawang. Ia juga mengingatkan, bahwa Desa Cariumulya ini mewakili 297 desa yang ada di Karawang, meskipun beban semua desa ada di Cariumulya agar bisa mengharumkan nama Karawang, namun  pihaknya bersama tim penilai tetap akan objektif memberikan penilaian. Prosesnya sendiri terus Kusmayadi dengan menempatkan semua unsur pemerintah dan non pemerintah untuk melihat sejauh mana sinergitas antarkades-camat, termasuk diantaranya inovasi desa dalam memecahkan persoalan. "Desa ini wakil dari ratusan desa se Karawang, semoga saja semua yang ditempatkan dalam penilaian bisa memenuhi kriteria sebagaimana amanah dari Permendagri soal tata kelola dan layanan pemerintahan desa," harap dia.
Lebih jauh ia menambahkan,  pesan seni yang disuguhkan tim PKK adalah satu dari inovasi desa menopang pembangunan. Setiap kebijakan dan pelayanan tambah Kusmayadi, harus berujung pada kemajuan desa. BPMPD akan meranking semua desa di Kabupaten/kota dalam dua tahap sebelum nanti yang layak akan mewakili Jawa Barat ke tingkat nasional. "Kami terjunkan 11 tim dari provinsi, setelah dinilai nanti kami rangking setelah receking mana saja desa di Jawa Barat yang layak wakili provinsi ketingkat nasional," kata dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template