Tabung 5,5 Kg Solusi Kelangkaan Gas Melon - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tabung 5,5 Kg Solusi Kelangkaan Gas Melon

Tabung 5,5 Kg Solusi Kelangkaan Gas Melon

Written By Mang Raka on Kamis, 12 Mei 2016 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA - Kendati belum semua masyarakat merasakannya, namun di sebagian wilayah terutama perkotaan kasus kelangkaan elpiji 3 kg yang dikemas dalam tabung melon, sudah mulai jarang dikeluhkan. Sebelumnya hampir setiap bulan kemasan gas tersebut selalu menghilang dari peredaran. Kalau pun ada harganya sangat tinggi, bahkan hampir tembus diangka Rp 30.000 per tabung.

Terkait itu, Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi Kabupaten Karawang mengklaim meredanya keluhan masyarakat soal kelangkaan gas elpiji 3 kg lantaran beredarnya gas elpiji kemasan 5,5 kg. Sebagian masyarakat semula pengguna elpiji kemasan 3 kg beralih guna ke gas elpiji kemasan 5,5 kg. Akibatnya gas elpiji kemasan 3 kg yang peruntukannya hanya untuk warga dengan status sosial menengah ke bawah jadi lebih banyak beredar di pasaran.
"Peredaran gas elpiji nonsubsidi ukuran 5,5 kilogram secara perlahan telah mengatasi kejadian kelangkaan gas elpiji bersubsidi 3 kilogram. Gas ukuran 5,5 Kg ini sangat diminati bagi golongan ekonomi menengah ke atas yang selama ini juga ikut menggunakan gas ukuran 3 Kg atau yang biasa disebut gas melon," ucap Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi, Hanafi, Rabu (11/5).
Dituturkan Hanafi sebelumnya kelangkaan elpiji ukuran 3 kilogram hampir selalu terjadi setiap bulan. Tetapi sejak beberapa bulan terakhir sejak diedarkannya gas elpiji nonsubsidi 5,5 kilogram, tidak terjadi kelangkaan gas elpiji bersubsidi 3 kilogram. "Dari laporan di lapangan, secara perlahan, masyarakat kalangan menengah ke atas yang biasa menggunakan gas elpiji 3 kilogram beralih ke elpiji 5,5 kilogram," kata Hanafi.
Ia mengatakan, sejak sekitar tiga bulan terakhir PT Pertamina (Persero) telah mengedarkan gas elpiji 5,5 kilogram di wilayah Karawang. Selama tiga bulan terakhir itu, tidak ada laporan kejadian kelangkaan gas elpiji 3 kilogram. Kondisi itu terjadi karena masyarakat kalangan menengah ke atas yang sebelumnya menggunakan elpiji bersubsidi 3 kilogram sudah mulai beralih ke elpiji nonsubsidi ukuran 5,5 kilogram. Harganya mencapai Rp 62-66 ribu per tabung. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template