Sudah 2 Bulan Warga Dua Dusun Direndam Air - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sudah 2 Bulan Warga Dua Dusun Direndam Air

Sudah 2 Bulan Warga Dua Dusun Direndam Air

Written By Mang Raka on Selasa, 03 Mei 2016 | 15.00.00

RENGASDENGKLOK, RAKA - Imbas dari luapan Sungai Citarum, dua dusun di Desa Rengasdengklok Selatan masih terendam banjir. Warga mengaku kesulitan untuk mendapatkan air bersih untuk mandi, minum, mencuci, dan ragam kebutuhan lain.
Untuk meminimalisir dampak penyakit diare dari kebutuhan minum, warga memilih membeli air mineral isi ulang yang disediakan di beberapa tempat. Meski begitu, keperluan mandi tetap memakai air yang ada. Sayangnya, akibat mandi asal-asalan, warga mulai terkena penyakit gatal. Sumber air berupa sumur ini diyakini sudah tercemar. Terlihat dari perubahan warna kecoklat-coklatan karena tercampur lumpur yang terbawa arus luapan. "Perlu 1 bulan, hingga air dapat surut," kata Warga Bojong Tugu 1, Rudi (35) Kepada Radar Karawang, Senin (2/5).
Penyebab utama air tak kunjung surut ialah tidak adanya saluran pembuangan alias drainase. Akibatnya, struktur tanah pun menjadi gembur, dan jalan setapak yang biasa dilewati kendaraan kian rusak.
Keadaan ini dibiarkan berlangsung sejak lama. Kendati pembangunan disana-sini sudah mulai dilakukan pemerintah. Namun khusus penanganan ini, ia menilai pemerintah masih lambat menangani. "Dari tahun 2002, belum ada respon cukup baik," katanya.
Sementara menghindari luapan banjir, warga terpaksa mengungsi ke tempat saudara yang dirasa aman dari genangan air selama hampir 2 bulan lamanya. "Kalo banjir datang, barang rumah ya ditinggal, dan paling beberapa yang dibawa ketika ngungsi," ujarnya. (cr3)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template