Stok Pupuk Melimpah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Stok Pupuk Melimpah

Stok Pupuk Melimpah

Written By Mang Raka on Jumat, 13 Mei 2016 | 15.00.00

CIKAMPEK, RAKA - PT Pupuk Kujang Cikampek memastikan persediaan pupuk musim tanam ketiga aman. Pasalnya, pupuk urea yang sudah ditentukan kuotanya oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun Banten sudah tersedia, termasuk untuk petani Karawang.
Untuk mengamankan persediaan pupuk, PT Pupuk Kujang sudah mendistribusikan pupuk urea ke gudang lini III yang ada di masing-masing kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat dan Banten.  Selain itu, persediaan pupuk di gudang utama Pabrik PKC juga penuh, bahkan disimpan di luar gudang pabrik sampai disimpan di jalan areal Kawasan Industri Kujang Cikampek (KIKC). "Kami pastikan kualitas pupuk tidak akan menurun," ujar Kabag Humas PT Pupuk Kujang, Aby Radityo kepada Radar Karawang, Kamis (12/5).
Dia menyampaikan, total stok pupuk urea untuk Jawa Barat sebanyak 86.435 ton, sedangkan total stok pupuk untuk wilayah Banten sebanyak 14.369 ton, total di gudang lini III yang ada di kabupaten/kota Jabar dan Banten sebanyak 100.803 ton. "Total stok yang ada di pabrik sebanyak 72.000 ton, yang disimpan di luar (lingkungan KIKC) sebanyak 7.000 ton," ujarnya.
Dengan adanya stok tersebut, dia memastikan kebutuhan pupuk petani akan terpenuhi dengan baik. Bahkan kapanpun petani membutuhkan pupuk bisa segera diambil di kios yang sudah terdaftar secara resmi.  Untuk alurnya, setelah didistribusikan ke gudang lini III, maka agen pupuk tinggal mendistribusikan ke kios. Dan kios mendistribusikan kepada para petani. Sedangkan kewajiban Kujang untuk mendistribusikan pupuk dari bulan Januari sampai bulan Mei 2016, untuk Jawa Barat alokasi sesuai pergub 238.637 ton, dan sudah direalisasikan 198.762,55 ton (83,29 %), untuk Banten alokasi pergub 28.424 ton dan sudah direalisasikan 22.182 ton (78,04 %). "Pupuk Kujang sampai dengan tanggal 9 Mei sudah merealisasikan pupuk sebanyak 220.994,55 ton," ucapnya.
Sebelumnya, Wakil Bupati Karawang H Ahmad Zamakhsyari meminta PT Pupuk Kujang mengamankan persediaan pupuk untuk Karawang. Pasalnya kelangkaan pupuk merupakan persoalan klasik di kota lumbung padi ini. Menurutnya ada dua cara untuk mengamankan pupuk para petani, pertama data base yang akurat dan kedua satgas pengamanan untuk mengawal alur pupuk mulai dari Kujang sampai ke tangan para petani. Dia juga memastikan data yang akurat dan akuntabel itu sudah dipegang, sehingga kebutuhan bagi para petani jelas. Dan jika ada yang berani melakukan penyimpangan, seperti mengalokasikan pupuk yang seharusnya untuk petani Karawang kemudian keluar Karawang, maka akan ditindak secara tegas. "Data base yang akurat, akuntabel, dan satgas pengamanan. Jadi jangan coba-coba (pupuk) dilarikan ke daerah lain. Jika tidak bisa diurus kita akan meminta bantuan ke aparat, untuk penindakan," ujarnya.(zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template