Soal Lahan Pertanian Jimmy Undang JK - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Soal Lahan Pertanian Jimmy Undang JK

Soal Lahan Pertanian Jimmy Undang JK

Written By Mang Raka on Selasa, 31 Mei 2016 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA – Wakil Bupati Karawang Akhmad Zamakhsyari prihatin atas pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menyebut alih fungsi lahan di Karawang mengakibatkan lahan pertanian di daerah ini semakin hilang. Jimmy, panggilan akrab Ahmad Zamakhsyari berharap Jusuf Kalla sebaiknya datang ke Karawang untuk membuktikan jika pernyataannya itu tidak seluruhnya benar.

“Alih fungsi lahan pertanian ke industri itu kebijakan pemerintah pusat, sedangkan pemerintah daerah hanya mengikuti saja. Namun meski begitu kita mengantisipasi dengan menambah lahan pertanian telah berkurang itu dengan membukan lahan pertanian baru. Jadi tidak semuanya pernyataan pak JK itu benar,” kata Jimmy, kemarin.
Sebelumnya, Wapres Jusuf Kalla  menyatakan bahwa lahan pertanian di Kabupaten Karawang semakin hilang dengan banyaknya industri dan perumahan yang berkembang di wilayah tersebut. "Pertanian selalu membutuhkan lahan yang besar. Sebaliknya penduduk tinggi, lahan makin kecil. Lihat saja Karawang, habislah lahan pertaniannya, karena industri, rumah dan toko," ujar Jusuf Kalla, beberapa waktu lalu.
Menurut Jimmy pemerintah pusatlah yang membuat kebijakan dan memutuskan kabupaten Karawang sebagai daerah industri sehingga terjadi alih fungsi lahan secara besar-besaran. Pemerintahan daerah mengantisipasi tergerusnya lahan pertanian dengan menambah lahan pertanian di setiap kecamatan yang ada di Karawang. Menurut Jimmy, padahal yang menentukan Karawang sebagai lahan Industri adalah Pemerintah Pusat, Namun meski banyak lahan yang beralih fungsi tetapi Pemkab Karawang terus menambah lahan pertanian baru.
Dari 30 kecamatan yang ada sudah 22 kecamatan yang melakukan penambahan lahan pertanian. “Jadi saya kurang setuju jika lahan pertanian di Karawang dikatakan habis karena kita sudah mengendalikan dengan membuka lahan pertanian secara bertahap,” katanya.
Di Kabupaten Karawang menurut Jimmy terdapat 89.000 hektar lahan pertanian dari kelas satu hingga kelas tiga, sementara ada juga persawahan teknis kelas 4 yang luasnya mencapai 7000 hektare. Luas lahan tersebut terus dipertahankan meski sempat terjadi alih fungsi lahan. Caranya dengan membuka area pertanian baru. “Malah di Kecamatan Telagasari yang tadinya akan dijadikan lahan perumahan sudah kita kembalikan lagi menjadi lahan pertanian,” katanya.
Jimmy meminta Wapres Jusuf Kalla, berkunjung ke Karawang untuk melihat secara langsung lahan pertanian di Kabupaten Karawang. "Lahan malah bertambah kok, khususnya di Kawasan Karawang utara, dan kami berjanji tak akan sembarangan memberi izin pembangunan perumahan atau industri yang bisa mengikis lahan pertanian," ujarnya. (ops)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template