SMPN 2 Majalah Gelar Tradisi Sekolah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMPN 2 Majalah Gelar Tradisi Sekolah

SMPN 2 Majalah Gelar Tradisi Sekolah

Written By Mang Raka on Jumat, 27 Mei 2016 | 15.30.00

MAJALAYA, RAKA – Acara perpisahan sekolah sudah merupakan tradisi yang harus dilakukan. Demikian Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Majalaya, kemarin, sekolah itu menggelar kegiatan serupa di halaman sekolahnya.

Kegiatan tersebut diramaikan dengan beragam penampilan para siswa yang mengikuti pelajaran ekstrakulikuler. Seperti marawis, tarian daerah dan paduan suara. Sebanyak 393 siswa Kelas IX dari 10 kelas yang akan dilepas SMPN 2 Majalaya untuk melanjutkan sekolah Ke tingkat SMA/SMK. “Memang tiap tahun kami selalu gelar acara perpisahan nya di lingkungan sekolah. Acara itu pun tidak kalah meriahnya dengan acara tahun sebelumnya, dengan menunjukan beragam penampilan dari anak-anak yang aktif di Eksra Kulikuler sekolah,“ ujar Wakasek kesiswaan sekaligus ketua pelaksana kegiatan, Prizcha Maris Sanjaya. Spd.
Dia melanjutkan, Pelepasan siswa/I kelas IX (dua belas) ini pun, merupakan angkatan ke VII yang terhitung 393 siswa/i terdiri dari 10 kelas yang di tahun ini akan dilepas untuk terus melanjutkan sekolahnya di tingkat SMA/SMK nantinya. “Kurang lebih 393 siswa/i dari 10 kelas di tahun 2016, yang nantinya akan dilepas untuk melanjut ketingkatan SMA/SMK nantinya,” paparnya.
Oleh sebab itu, sambung dia, dalam acara perpisahan sekolah inipun, dilakukan dalam tiga bagian acara. “Ada tiga konsep yang kami buat, yakni Pra acara, sebelum penyerahan piagam perpisahan dari kepala sekolah kami, tampilan ekskul dari marawis, paduan suara, serta tari daerah untuk memeriahkan acaranya, “ katanya.
Adapun itu, lanjut dia, untuk kelulusan hasil dari Ujian Nasional (UN) belum ada pengumumannya. Sehingga untuk mengetahui berapa jumlah siswa/i yang lulus belum bisa diketahui. Akan tetapi, pihak sekolah optimis kalau dari 393 siswa/i nya tersebut lulus seratus persen nantinya. “Belum ada pengumuman kelulusan, acara ini digelar memang sebelum adanya surat kelulusan. Tapi pihak sekolah optimis seluruh siswanya lulus seratus persen,,” terangnya.
Tidak hanya itu, persiapan acara perpisahan sekolah SMPN 2 Majalaya dilakukan dari tiga bulan sebelumnya. Hal ini menjadikan bukti kerja keras yang maksimal dengan tanpa dugaan kemeriahan perpisahan pun begitu dirasakan dengan beragam penampilan dari siswa/i sekolah tersebut. “Kami persiapan sudah jauh-jauh hari, kurang lebih 3 bulanan sebelum mau UN sekolah tingkat SMP dilakukan,” ucapnya.
Selain itu, sambung dia, dalam pendanaan pun, dilakukan dengan melibatkan para orang tua dengan besaran yang tidak ditentukannya. Sehingga dalam pendanaan tidak  begitu kesulitan karena ada bantuan dari para orang tua siswa/I untuk berjalannya proses perpisahan sekolah. “Anggaran dananya dibantu oleh kolektifan para orang tua siswa/i yang memang seiklasnya,” katanya.
Kendati demikian, lanjut dia, diharapkan dari 393 siswa/i yang berada di sekolah SMPN 2 Majalaya yang tidak akan lama lagi akan meninggalkan bangku SMPnya dapat melanjutkan ke SMA/SMK pavorit yang berada di Kabupaten Karawang. “Kami berharap anak didik kami seluruhnya dapat masuk ke SMA Pavorit,“ katanya.
Sementara itu, Obay Kepala Sekolah SMpn 2 Majalaya mengatakan, perpisahan sekolah anak siswa kelas IX angkatan Ke VII ini pun, memang dari tiap angkatan acara pelepasan siswa/i selalu diadakan di lingkungan sekolah. Hal tersebut diperuntukan agar nantinya, para orang tua maupun alumni bisa menghadiri acara perpisahannya, sehingga kemeriahan akan tercipta. “Saya, sengaja, karena sudah menjadi tradisi disini, biar semua bisa ikut merasakan kemeriahan jadi acara perpisahannya dilakukan dilingkungan sekolah,” terangnya. (cr1)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template