SMK Sehati Bentuk Koperasi Sekolah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMK Sehati Bentuk Koperasi Sekolah

SMK Sehati Bentuk Koperasi Sekolah

Written By Mang Raka on Kamis, 12 Mei 2016 | 14.00.00

KLARI, RAKA – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sehati, membentuk koperasi siswa. Melalui badan usaha itu diharapkan dapat mendidik siswa di sekolah tersebut, untuk pengalaman berwirausaha. Tidak hanya itu, sistem pengajaran integritas (Kejujuran) para siswa pun dilakukan oleh pihak sekolah dalam menanamkan kepercayaan kepada siswa-siswa tersebut dengan mempraktikannya di sekolah dalam bentuk pengaplikasian di Koperasi yang sudah terbentuk itu.

“Memang, dibuatkan koperasi siswa, untuk warung jajanan siswa yang ada di sekolah ini, nanti mereka-mereka lah yang mengaturnya, pembentukan koperasi ini pun guna melatih jiwa enterprener anak-anak untuk pembekalan mereka ketika lulus nantinya,” ungkap Wakasek Kesiswaan, Teja Hudaya, kemarin, ketika ditanya soal sistem pengajaran yang diterapkan di SMK Sehati.
Dia menuturkan, dengan adanya warung koperasi siswa ini, yang bentuk pembayarannya pun lebih berbeda dari warung-warung yang lainnya. Hal ini diperuntukan pihak sekolah untuk menguji dan menanamkan integritas (Kejujuran) anak didik dalam melakukan tindakan. Seperti halnya ketika membeli makanan di warung yang tidak dilakukan adanya penjaga toko tersebut. “Warung koperasi ini, tidak menggunakan petugas jaga, tapi mereka jajan dan kembalian uangnya serta mencatat apa yang di belinya, dengan sendiri. Sehiingga ini juga menjadi bentuk pendidikan dari pihak sekolah dalam menanamkan sifat kejujuran yang harus dimiliki siswa yang sekolah di sini nantinya,” ujarnya.
Selain itu,  sambung dia, sistem yang dimiliki pihak sekolah pun, tidak terlihat penekanan terhadap siswa, yakni seperti tidak memperbolehkan siswa untuk membawa alat elektronik komunikasi ketika giat pengajaran dimulai. Hal tersebut menjadikan bentuk kedekatan dan saling percaya pun terlihat dari anak didik dengan pihak sekolah. “Kami tidak melarang mereka membawa handpone, akan tetapi, ketika proses belajar handpone siswa dengan sadarnya, menyimpan di lemari siswa yang disediakan kusus oleh pihak sekolah untuk barang berharga siswa yang nanti di simpan siswa,” katanya.
Oleh sebab itu, lanjut dia, cara-cara yang digunakan pihak sekolah dinilai begitu efektif dan berjalan baik. Hal tersebut menjadikan kedisiplinan dan integritas siswa bisa dipercaya . “Kami menilai cara ini memang cukup efektif, disiplin tapi tidak terlihat memaksa, yang menjadikan siswa menjadi takut nantinya,” ucapnya.
Hal senada diungkapkan, Indah Permatasari, siswi berprestasi yang duduk di Kelas X (Sepuluh) Jurusan Farmasi. Dengan sistem pengajaran yang diberikan pihak sekolah dinilai cukup bermanfaat guna membentuk mental siswa nantinya. Hal tersebut dikarenakan pendidikan yang diberikan tidak hanya berupa keilmuan sesuai jurusan saja. Melainkan, diajarkan pula tindakan kejujuran serta kedisiplinan para siswa dalam bersikap dan bertingkah laku dimana semestinya. “Kami, cukup beruntung bisa dapat ilmu tambahan, seperti mengatur keuangan koperasi dan nilai-nilai kejujuran serta kedisiplinan pun diajarkan pihak sekolah,” pungkasnya. (cr1)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template