SMK Muhammadiyah akan Kembangkan Robot Follower Line - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMK Muhammadiyah akan Kembangkan Robot Follower Line

SMK Muhammadiyah akan Kembangkan Robot Follower Line

Written By Mang Raka on Rabu, 25 Mei 2016 | 15.00.00

KOTABARU, RAKA - Menjadi juara dalam simulasi robotik hasil pelatihan yang digelar PT Toyota Manufacturing Indonesia di SMKN 1 Karawang, membuat guru Teknik Komputer Jaringan SMK TI Muhammadiyah Cikampek, Aulia Rachman berencana mengembangkan robot hasil karyanya.
Robot follower line yang dibuat hanya tiga hari, kata Aulia, berhasil mengalahkan robot buatan 14 SMK lainnya. Selain mampu mencapai garis akhir lebih dulu, robot yang mempunyai misi mendeteksi dan mengikuti suatu garis pandu yang dibuat pada bidang lintasan, juga bisa berbelok sempurna. "Jika dikembangkan lebih lanjut, robot yang saya buat bisa memenuhi kebutuhan industri," ungkapnya kepada Radar Karawang.
Ia melanjutkan, gerak robot berdaya 11 volt yang dipandu lewat sensor dan diperintah oleh pemrograman "Bahasa C", bisa bergerak sesuai yang dikehendaki. Perancang robot, kata Aul, harus memahami 'Bahasa C' karena lewat program itu gerak robot bisa diatur. "Yang paling sulit melaraskan roda robot saat berbelok," ujarnya.
Sementara pengujian sistem output merupakan bagian yang terpenting pada pembuatan robot ini. Untuk roda robot dikontrol oleh driver motor. Rangkaian driver ini berfungsi sebagai sistem kemudi motor DC. Salah satunya mengatur tegangan keluaran motor, yang nantinya menjadi refrensi untuk kecepatan motor. "Kecepatan robot saat mengikuti garis lintasan mencapai 225," ujarnya.
Deputi General Manager PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Wahyudi Chandra mengatakan, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari. Peserta diwakili oleh satu orang guru dan siswa dari setiap SMK yang ada di Karawang. "Kita ingin meningkatkan pengetahuan mengenai robotik bagi kalangan guru dan siswa SMK di Karawang. Harapannya suatu saat siswa SMK Karawang ada yang mampu tampil hingga level nasional," ujar Wahyudi. (psn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template