Siasati Sampah dari Sekolah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siasati Sampah dari Sekolah

Siasati Sampah dari Sekolah

Written By Mang Raka on Selasa, 24 Mei 2016 | 12.30.00

*Pemerintah Kecamatan Tegalwaru Tak Berdaya Soal Sampah

TEGALWARU, RAKA - Sampah merupakan sisa dari proses aktivitas manusia. Namun sampah pun bisa dijadikan media oleh warga agar bisa bermanfaat dengan teknis disiplin ilmu yang bisa dipelajari, bahkan bisa menjadi sumber pendapatan yang mampu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

Hal itu diungkapkan guru SMAN 1 Tegalwaru, Suryono.Spd, kemarin, disela-sela kegiatannya mengajarkan murid-muridnya mengenai nilai lebih sampah. "Sampah pun berguna bagi lingkungan hidup juga sebagai sarana atau media terselenggaranya tatanan sirkulasi kehidupan yang berotasi terhadap peningkatan perekonomian. Meski untuk itupun dibutuhkan kecakapan, agar produksi sampah bisa terukur sesuai disiplin ilmunya," ungkap Suryono.
Sampah, ditambahkan Suryono, bisa diolah menjadi berbagai material baru bernilai ekonomi. Seperti pupuk bahkan bisa diproduksi sebagai olahan rumah tangga. Terkait itu pula, menurut dia merupakan tindakan bijak memperkenalkan manfaat sampah sejak dini terhadap siswa. Disitu, Suryono, tidak hanya meminta murid-muridnya menanamkan pola hidup sehat dengan menjaga lingkungan yang bersih dengan cara membiasakan memungut sampah dan membuangnya pada tempatnya. Tetapi juga meminta agar mengerti mana jenis sampah bernilai ekonomis dan berpotensi sebagai pupuk. Kegiatan yang dilakukan di lapanan Kantor Kecamatan Tegalwaru juga bertujuan untuk mengenali apa yang dikonsumi masyarakat disana dari jenis-jenis sampah yang dipungut.
Sejumlah pelajar yang terlibat dalam kegiatan tersebut mengaku selama ini terpikir pun tidak oleh mereka manfaat dari sampah. Karena yang mereka tahu sampah merupakan kotoran yang harus dibersihkan. Namun, melalui kegiatan itu, disitu mereka diajarkan untuk menjadi induvidu yang kreatif. "Sebelum saya tidak berpikir kalau sampah ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Makin kreatif individu bersangkutan making tinggi nilai ekonomi sampah," ucap Linda sopiah (15), siswi kelas XI IPA, SMAN 1 Tegalwaru.
Tidak hanya itu, lanjut Linda, lewat kegiatan itu juga dirinya jadi terpicu untuk menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga lingkungan tetap bersih. Minimal di lingkungan rumahnya. "Harus dimulai dari lingkungan yang kecil dulu. Intinya disitu, kalau sudah biasa melakukan itu secara otomatis akan jadi kebiasaan yang akan diterapkan dimanapun berada," tambahnya.
Linda menandaskan dengan adanya kegiatan di lapangan di bidang pendidikan ilmu lingkungan hidup yang dilakukan sekolahnya, menurutnya mampu mengetahui nilai konsumtif masyarakat. "Saya sangat tertarik sekali dengan praktek lapangan yang sekarang saya kerjakan hingga mengetahui ini loh sampah yang sudah dikonsumsi oleh satu kelompok. Selain agar kami juga bisa mengetahui seberapa pengaruhnya sampah bagi kita umat manusia," imbuhnya.
Sementara siswa lainnya Marlina (15) mengatakan, sebelumnya dirinya belum mengetahui secara rinci dari apa yang tengah dikerjakannya. Akan tetapi setelah mengetahui bahwa data yang sudah diakomodirnya barulah mengerti apa yang telah dikerjakan bersama dengan teman-temannya itu. "Sekarang saya bahkan bisa tahu bahwa dengan kami ketahui sampah itu, maka bisa tahu jumlah uang yang sudah masyarakat keluarkan untuk itu. Ternyata penting juga data mengenai sampah ini, untuk itu, kedepannya kami akan lebih bijak dalam menyikapi perihal sampah ini," katanya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template