Semua Varietas Gabah Bakal Dibeli Bulog - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Semua Varietas Gabah Bakal Dibeli Bulog

Semua Varietas Gabah Bakal Dibeli Bulog

Written By Mang Raka on Senin, 02 Mei 2016 | 14.00.00

-Jika Sesuai Harga Pokok Pemerintah

TELAGASARI, RAKA - Pendataan jadwal panen rutin seharusnya dilaporkan rutin oleh Balai Penyuluh Pertanian Perkebunan dan Kelautan (BP3K) 2 minggu sekali. Namun, agar Serapan Gabah Petani (Sergap) yang ditargetkan Bulog 135 ribu ton di musim panen ini khusus Karawang-Bekasi, Badan penyuluh Kecamatan itu mulai menyisir data-data sawah yang siap panen.
Kepala Bp3K Kecamatan Telagasari, H Zaenal Syarif langsung yang akan menyisir satu demi satu sawah siap panen. Langkah ini dilakukan untuk mensukseskan program 135 ribu ton gabah pertani yang terserap. Itupun jika harga gabah mengalami tren penurunan di bawah Harga Pokok Pemerintah (HPP) Rp 3,7 ribu perkilogramnya. Karenanya, meskipun harga masih stabil di golongan air 1 dan 2 pada kisaran Rp 4,1-4,3 ribu perkilogramnya, penyuluh diminta membuat jadwal panen untuk dilaporkan ke instansi pertanian termasuk Dandim dan Bulog. "Kita sisir data dan jadwal panen, karena BP3K diminta luas areal, jumlah produksi dan harga," ujar dia.
Mensukseskan program Sergap bulog, tambah Zaenal, pembelian gabah oleh bulog  dilakukan setelah ada pelaporan dari penyuluh dan BP3K ke Dandim. Patokan harganya pun harus dibawah HPP dengan kadar air 25 persen dan kadar hapa 10 persen. karena jika ada harga gabah masih diatas HPP Bulog tidak akan membelinya, sehingga target sergap bisa saja berkurang. "Semua varietas akan dibeli Bulog kalau harganya sudah dibawah HPP," ungkap dia.
Lebih jauh mantan penyuluh di Kecamatan Tempuran ini menambahkan, di Telagasari panen sendiri sedang berlangsung karena jadwal tanamnya sebagian mundur. adapun harga di golongan air 1 dan 2 masih stabil sampai saat ini dan diperkirakan justru harga akan semakin tinggi seiring musim kering paska April mendatang. Sehingga, kadar airnya akan lebih terkendali alias tidak basah. "Sekarang harganya masih stabil, tapi semakin lama saya kira akan semakin naik prediksi saya mah," ungkap dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template