Saluran Air Diperbaiki, Derita Petani Sukamekar Berakhir - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Saluran Air Diperbaiki, Derita Petani Sukamekar Berakhir

Saluran Air Diperbaiki, Derita Petani Sukamekar Berakhir

Written By Mang Raka on Selasa, 03 Mei 2016 | 16.00.00

JATISARI, RAKA - Selama ini suplai air di areal pesawahan Desa Sukamekar selalu mengalami hambatan. Pasalnya, kondisi saluran air yang mengairi sawah seluas kurang lebih 100 hektare itu banyak mengalami kerusakan. Untuk kembali menormalkan aliran air, tembok penahan tanah (TPT) terhadap saluran air di Desa Sukamekar diperbaiki.
Menurut seorang petani Sukamekar, Usman, pengajuan pembangunan TPT atau Jitut itu diajukan oleh Gapoktan Sri Asih Desa Sukamekar. Karena selama ini para petani sangat kesulitan mendapat air untuk mengairi areal sawah yang diolahnya. "Sekitar 200 meter panjangnya, lebar 30 cm dan 70 cm  tingginya. Kalau musim hujan saluran airnya melimpas ke pemukiman warga. Semoga saja dengan dibangunnya TPT atau Jitut tidak lagi kebanjiran, atau meluapnya air ke rumah warga," ujarnya.
Ia menyampaikan, sebenarnya sudah ada bak pembagi air disaluran air Dusun Karajan 2 Desa Sukamekar. Karena kurang perawatan sehingga bak pembagi air itu rusak. "Akan dibangun kembali bak pembagi itu supaya lancar saluran air," ucapnya.
Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Jatisari, Targono, membenarkan jika pembangunan Jitut atau TPT itu atas pengajuan Gapoktan Sri Asih Desa Sukamekar. Anggarannya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) II. "Benar atas ajuan dari Gapoktan Sri Asih Desa Sukamekar. Karena selama ini para petani mengeluhkan sangat kesulitan sekali pasokan air. Sehingga pengajuannya dikabulkan oleh dinas terkait," ujarnya.
Dia menyampaikan, perlu ada komunikasi dan kordinasi yang baik antara pemerintah dengan para petani. Oleh karenanya, saat ada saluran yang perlu diperbaiki, segera buat pengajuan agar menjadi pertimbangan oleh pemerintah daeh. Karena dalam hal pembangunan, pemerintah daerah tentunya memiliki skala prioritas, sehingga jika sudah ada ajuan, maka akan mudah untuk menindaklanjutinya. Begitu juga dengan pembangunan-pembangunan lainnya. "Kami akan terus upayakan agar pertanian di Jatisari lebih baik lagi," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template