Saatnya Tebang Pohon Tua - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Saatnya Tebang Pohon Tua

Saatnya Tebang Pohon Tua

Written By Mang Raka on Selasa, 10 Mei 2016 | 15.00.00

RENGASDENGKLOK, RAKA - Tingginya potensi terjangan angin berkekuatan di atas normal atau puting beliung memasuki musim penghujan tahun 2015 mendatang direspon warga setempat. Hingga sepekan  ke depan, pemerintahan desa akan melakukan pemangkasan ranting pohon di sepanjang jalan yang dianggap membahayakan pengguna jalan. Di Rengasdengklok pun ternyata masih banyak ditemui pohon-pohon tua yang sudah waktunya ditebang guna menjaga agar tidak ada warga yang menjadi korban bilamana angin kencang datang menerjang. "Karena usia pepohonan yang sudah tua, beberapa pohon yang digunakan untuk penghijauan sudah teruhat rawan rubuh,"kata Kepala Desa Sampalan, Jamaluddin. Menurutnya, kegiatan tersebut digiatkan berdasarkan inisiatif pemerintah desa sebagai antisipasi terhadap terjangan angin kencang yang bisa membuat pohon pohon pelindung jalan, atau rantingnya roboh karena lapuk. "Kami khawatir membahayakan para pengendara. Kondisi ranting pohon yang kita anggap sudah lapuk dan rawan tumbang sebaiknya ditebang supaya tidak membahayakan para pengendara yang melintas. Sebab, potensi angin kencang diprediksi masih cukup tinggi hingga akhir tahun 2015," ujarnya.
Ia mengemukakan, pada dasarnya potensi angin ribut atau puting beliung masih tinggi di saat pergantian musim dari kemarau ke hujan. Dengan kegiatan seperti hari ini, minimal ranting pepohonan pelindung jalan yang usianya lapuk sudah tidak lagi mengancam keselamatan pengendara jika diterjang angin kencang. "Kita hanya melakukan pemangkasan ranting pohonnya saja, bukan penebangan pohon. Dan itu, untuk memberikan kenyamaman bagi para pengguna jalan raya. Banyak  pohon tua rawan rubuh selain itu juga menggangu pengelihatan pengendaranya," ungkapnya.
Berdasarkan pantauan RAKA, masih banyak lokasi rawan pohon tumbang tak hanya di Kutawaluya, namun juga di sepanjang jalan Rengasdengklok. Di Desa Rengasdengklok Selatan misalnya, banyak pohon yang sudah berusia tua berdiri. Selain rantingnya yang menjuntai, bilamana diterjang angin kencang datang, bukan tidak mungkin pohon ini bisa saja bertumbangan. "Saya takut juga kalau anginnya gede lewat sini. Soalnya, pohonnya doyong kayak mau tumbang," kata Carma penduduk Rengasdengklok Selatan. Dia berharap agar pemerintah desa maupun kecamatan segera bergegas melakukan penebangan sebelum jatuhnya korban.(fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template