Ronda Malam Lawan Kejahatan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ronda Malam Lawan Kejahatan

Ronda Malam Lawan Kejahatan

Written By Mang Raka on Selasa, 17 Mei 2016 | 13.30.00

JATISARI, RAKA - Meminimalisir tindak kejahatan, Pemerintahan Desa Mekarsari, Kecamatan Jatisari, terus melakukan ronda keliling untuk menjaga keamanan lingkungan. Setiap warga di setiap dusun diwajibkan melakukan ronda setiap malam.
"Kini harus galakan lagi kesadaran jaga lingkungan. Sebab kondisi keamanan setiap hari harus terjaga," ujar Kepala Desa Mekarsari Darmas,S.Pd kepada Radar Karawang.
Dia menyampaikan, keamanan lingkungan merupakan tanggung jawab semua warga. Masyarakat diminta kesadarannya untuk menjaga lingkungan dengan cara ronda malam bergiliran. Keamanan lingkungan bukan hanya milik kepolisian saja, sistem keamanan lingkungan (Siskamling) harus ditingkatkan lagi. Karena personel kepolisian sangat terbatas. "Personel kepolisian terbatas yang ditugaskan di setiap desa. Jadi tidak mungkin untuk jaga keamanan lingkungan hanya menyerahkan kepada pembina Polri saja. Semua elemen masyarakat harus sadar lingkungan," ujarnya.
Lebih lanjut Kades Darmas mengatakan, kedepan setiap wilayah RT akan dibangun Pos Ronda permanen. Dengan adanya Pos Ronda, maka tempat itu akan dijadikan tempat koordinasi keamanan lingkungan. "Insya Allah akan dibangun dari swadaya masyarakat di Desa Mekarsari," ungkapnya.
Sementara itu, Pembina AD Desa Mekarsari, Sersan Mayor (Serma) Jubaedi menyampaikan, ronda keliling harus terus dilaksanakan. Karena wilayah Desa Mekarsari sebagai kota lintasan jalur Pantura. "Kita tahu jalur Pantura itu rawan sekali. Perlu ditingkatkan terus keamanan di sepanjang jalur Pantura," ujarnya
Tokoh pemuda Desa Mekarsari Fitra Idam Kholid (33), terkait keamanan lingkungan itu harus dijadikan skala prioritas oleh pemerintahan desa. Karena dengan kondisi aman dan nyaman masyarakat, akan merasa tentram dan damai. "Ronda keliling itu harus terus ditingkatkan setiap hari. Sebab dengan menjaga lingkungan berarti masyarakat atau warga peduli terhadap lingkungan sekitar," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template