Puluhan Batang Kayu Jati Disita Polisi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Puluhan Batang Kayu Jati Disita Polisi

Puluhan Batang Kayu Jati Disita Polisi

Written By Mang Raka on Rabu, 11 Mei 2016 | 15.30.00

PURWAKARTA, RAKA - Jajaran Polres Purwakarta mengamankan sejumlah kayu jati yang diduga hasil penebangan liar di tanah sampalan garapan warga di Desa Sukatani, Kecamatan Sukatani.
Sesuai dengan undang-undang untuk penebangan pohon jati, baik milik pribadi atapun pemerintah, harus ada izin penebangan. Sesuai dengan ketentuan Menteri Kehutanan yang sebelumnya telah mengatur pengangkutan kayu yang berasal dari lahan masyarakat dalam Permenhut No P51/Menhut-II/2006 tentang Penggunaan SKAU Untuk Pengangkutan Hasil Hutan Kayu yang Berasal dari Hutan Hak.
Sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Menteri Kehutanan No P33 /Menhut-II/2007, berdasarkan hasil evaluasi kementerian peraturan tersebut dicabut dengan Peraturan Menteri Kehutanan Nomor P30/Menhut-II/2012 tentang Penatausahaan Hasil Hutan yang Berasal dari Hutan Hak. Penatausahaan hasil hutan pada hutan hak dimaksudkan untuk ketertiban peredaran hasil hutan hak dan bertujuan untuk melindungi hak privat serta kepastian hukum dalam pemilikan, penguasaan dan pengangkutan hasil hutan yang berasal dari hutan hak.
Kasatreskrim Polres Purwakarta AKP Dadang Garnadi, belum bisa secara gamblang memberikan keterangan terkait barang sitaannya tersebut. Mengenai penebangan ini, kata Dadang, tetap harus ada izin penebangan. Jika tanpa izin, penebangan bisa masuk kategori ilegal loging, penebangan kayu jati tanpa izin Kemenhut, dan penyalah gunaan tanah negara. "Ini statusnya tanah Perhutani, dan kami belum bisa menjelaskan semua ini masih dalam pemeriksaan," ujar AKP Dadang Garnadi, di Mapolres Purwakarta, Selasa (10/5).
Hanya saja lanjut Dadang, sementara ini pihaknya bakal memanggil sejumlah pihak yang diduga telah melakukan penebangan liar pohon jati tersebut. Sampai saat ini, lanjut dia, pihaknya bakal melakukan memintai keterangan dan kesaksian dari sejumlah saksi dan pihak yang bersangkutan. "Yang jelas itu sudah salah. Untuk penebangan pohon jati tidak berizin," singkat dia. (awk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template