Posyandu Melati X Optimis Jadi Juara - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Posyandu Melati X Optimis Jadi Juara

Posyandu Melati X Optimis Jadi Juara

Written By Mang Raka on Kamis, 26 Mei 2016 | 16.00.00

KLARI, RAKA - Posyandu Melati X di Kampung Cibalado I, Desa Gintung Kerta, menjadi perwakilan Kecamatan Klari dalam mengikuti perlombaan posyandu di tingkat Kabupaten. Kegiatan ini turut melibatkan puskesmas setempat dimana posyandu bersangkutan berada.

Sementara pihak puskesmas Anggadita pun siap melakukan pembinaan secara maksimal dengan catatan pihak desa yang menjadi ujung tombak keberhasilan posyandu dapat siap memaksimalkan sarana dan prasarananya. "Kami dari pihak Kesehatan siap-siap saja, kalau misalkan dalam perlombaan posyandu di tingkat Kabupaten kali ini, Posyandu melati X yang berada di Dusun Cibalado I, Desa Gintung Kerta nantinya menjadi perwakilan untuk perlombaan posyandu ditingkat Provinsi," Ujar Kepala Puskesmas Anggadita Kecamatan Klari, Memet Komarudin, kemarin, disela-sela penutupan acara Perlombaan Posyandu ditingkat Kabupaten tersebut, Rabu (25/5).
Dia menuturkan, diketahuinya dalam perlombaan Posyandu ditingkat Kabupaten tersebut, tidak hanya melibatkan pihak Puskesmas Saja dalam pelaksanaannya. Hal tersebut dikarenakan dalam perlombaan penilaian yang dilakukan tingkat Kabupaten, mesti melibatkan pihak Kader KB, dan para guru PAUD. "Berbicara perlombaan PAUD tidak hanya diranah kesehatan saja, tApi didalamnya pun ada campur tangan, dari Para Kader KB, PAUD dan yang terutama, menentukan kesiapan dalam sarana prasarana, yakni dari desa itu sendiri," terangnya.
Sementara, sambung dia, kalau dalam pembinaan memang sudah dilakukan dalam kurun waktu satu bulan, untuk membina para kader posyandu yang memang mewakili ditingkat Kecamatan tersebut. Hal itu, sejauh ini, cukup bagus kesiapan para kader yang terus dimotivasi dalam pembinaannya. "Agar kader tetap semangat hingga saat ini pun, motivasi terus diberikan, agar nantinya, ketika tim penilai dua di tingkat kabupaten melakukan penilaian dengan pertanyaan-pertanyaan yang sudah disiapkan, sehingga mereka sudah siap nantinya," paparnya.
Selain itu, lanjut dia, memang sempat dikwatirkan dengan responsif dari pihak desa, dimana menjadi ujung tombak keberhasilan perlombaan posyandu dalam tingkat Kabupaten. Hal itu dikarenakan dalam sarana dan prasarana sudah menjadi bagian dari desa nantinya. "Kami, kalaupun nanti kepala desanya menginginkan menang dan siap untuk dilombakan di tingkat provinsi, untuk pihak puskesmas akan siap membina para kader posyandu melati X yang memang diketahui menjadi perwakilan di Kecamatan Klari," ucapnya.
Selain itu, memang dalam perlombaan pun, adanya kerjasama CSR dengan perusahaan changsin. Akan tetapi, pengajuan kerjasama itu pun kini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sehingga saat ini sudah terpasang bak cuci tangan disepanjang jalan ini. "Untuk kersajama CSR kami ada dengan PT. CHangsin, walau jumlahnya tidak besar yakni Rp 5 Juta, tapi kami manfaatkan dengan baik, sehingga bak cuci tangan yang dibuat rakitan sudah ada berjejer di depan," katanya.
Kendati demikian, dia menambahkan, harapan memang selalu ada dari pihak Puskesmas yang berperan sebagai pembina para Kader Posyandu yang berada diwilayah ini. Akan tetapi, hal itu dapat terwujud kalau ada kerjasama dengan baik dengan pihak desa karena dalam sarana dan prasarana merupakan sudah menjadi tanggung jawab pihak desanya. "Kalau Kades nya siap untuk sarana dan prasarana dalam perlombaan posyandu di tingkat provinsi, untuk pihak puskesmas siap dalam membina para kader yang berjumlah enam orang tersebut," katanya.
Sementara, Ketua Team Penilai 2, Nanang S, mengungkapkan, nantinya dalam penilaian yang akan dilakukan tim penilai II Kabupaten Karawang, penilaian hanya dalam administrasi posyandu dari tahun 2014 hingga 2015 dan juga rencana program posyandu nantinya. Hal tersebut memang sudah menjadi hal wajib yang mesti dilengkapi sebagai persyararatan dalam perlombaan tersebut. "Adapun penilaian perlombaan nanti, posyandu akan dilihat kerapihan dalam arsip administrasi, dan juga program yang sudah dijalankannya ataupun yang belum," pungkasnya. (cr1)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template