Polisi Kejar Penjahat di Media Online - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Polisi Kejar Penjahat di Media Online

Polisi Kejar Penjahat di Media Online

Written By Mang Raka on Sabtu, 21 Mei 2016 | 13.30.00

KLARI, RAKA - Jajaran Polsek Klari, menyerahkan motor matik Yamaha Mio, kepada pemiliknya. Kendaraan ini sebelumnya menjadi bukti kejahatan hasil penipuan transaksi kendaraan bermotor melalui media sosial dengan cara Cash On Delivery (COD). Menyusul kasus tersebut jajaran kepolisian ini akan menggiatkan operasi cipta kondisi melalui penelusuran media sosial online.

"Kami menyerahkan motor matik hasil giat cipta Kondisi, yang operasinya melalui online (COD). Karena saat ini Polsek Klari sedang gencar-gencarnya operasi Giat Cipta Kondisi C3, seperti Curanmor dan curas," ujar kanit Reskrim Polsek Klari, Ipda Joko Suwito kepada RAKA di ruang kerjanya, Jumat (20/5).
Dia menuturkan, kronologisnya, sebelum penahanan kendaraan itu dilakukan Polsek Klari. Pertemuan yang dilakukan di hari Kamis bulan lalu, dengan melakukan transaksi jual beli kendaraan motor mio di wilayah Pancawati itu, sekitar pukul 17.00 wib. "Awalnya, anggota reskrim mulai melakukan transaksi COD terhadap motor yang diduga tidak memiliki surat-surat itu, sekitar pukul 5 sore, diwilayah Pancawati transaksi itu pun dilakukannya," ungkkapnya.
Menurut Joko, ternyata kendaraan motor matik yang dijual itu tidak memiliki surat-surat. "Ketika dilakukan transaksi dan pemeriksaan ternyata kendaraan tidak ada suratnya," katanya. Joko melanjutkan, penjual kendaraan yang berinisial (JM) warga Kampung Ciwalu RT 19 RW 05, Desa Srijaya, Kecamatan Tirtajaya, diketahui ketika kendaraan beserta tersangka ini dilakukan BAW dikantor Polsek Klari.
Menurut pengakuannya, kendaraan matik yang hendak ingin dijualnya melalui media sosial Online dengan ber COD itu pun, diakui awalnya mendapatkan kendaraannya dari temannya yang bernama Adi dari wilayah Batujaya, dengan Harga RP 1.500. 000 Ribu. "Tersangka yang berinisial JM ini, mengaku beli kendaraannya dari Adi warga Batujaya dengan Harga RP 1.500.000 dia membeli kendaraan tersebut," jelasnya.
Namun, lanjut dia, ketika dilakukan pemeriksaan barang buktinya, dengan melakukan Pelaporan untuk diketahui identitas pemiliki kendaraannya oleh Samsat yang berada di Polres Karawang. Identitas Kendaraan Motor Mio ber nopol  T 3971 kp, TAHUN 2011, yang warna dasarnya yakni biru dengan Nomer Mesin MH 328 Demak 40 demak bantung, jakarta  320228 Demak Hubung 3320 Atas nama Uday Sumiati Warga Cikampek Tua Timur RT 011 RW 05, Desa Cikampek Pusaka, Kecamatan Cikampek. "Ternyata pas dilakukan Pemeriksaan yang dilakukan Samsat Polres Karawang, kendaraan itu, punya warga Cikampek sana," Katanya.
Sementara itu, sambung dia, setelah terungkap identitas kendaraan tersebut. Polsek Klari langsung lakukan Kordinasi dengan Polsek Cikampek, bahwasanya telah ditemukan 1 unit kendaraan yamaha mio milik Warga Kampung Cikampek Timur RT 011 RW 05. Tindakan Polsek Klari pun, setelah menulusuri kebenarannya, ternyata berdasarkan keterangan data Samsat, ditemuinya di Cikampek dibenarkan, ditahun 2014 lalu, di Bulan Juli telah kehilangan kendaraannya. "Ternyata benar, di bulan Juli 2014 yang lupa tanggalnya, Uday Sumiati kehilangan kendaraan mionya, cuma pemiliknya ini tidak membuat laporan dulu itu ke Polsek Cikampek," katanya.
Kendati demikian, dia menambahkan, saat ini pihak Polsek Klari sedang gencar-gencaran melakukan Giat Cipta Kondisi di bulan Ramadhan. Maka itu, himbauan terhadap warga yang merasa kehilangan kendaraannya, dipersilahkan untuk mendatangi Polsek Klari. Hal tersebut dikarenakan sesuai dengan intrupsi Kapolres dalam Giat Cipta Kondisi yang nantinya pun akan dilakukan di waktu-waktu kecil agar tidak ada pedagang jamu ataupun tempat hiburan Karoke membuka disaat bulan Ramadhan. "Giat Cipta Kondisi ini pun, akan terus dilakukan, yakni, ketempat karaoke dan penjual jamu yang menjual miras di bulan ramadan," ucapnya.
Kapolsek Klari, AKP Mulyana, menambahkan, selama ini jajaran Polsek Klari, gencarkan Giat Cipta Kondisi menjelang Ramadhan sudah berjalan dari 3 bulan yang lalu. Apalagi ditambah, kasus curanmor semakin menjadi-jadi. Maka, sambung dia, dalam kondisi giat Miras C3  (Curat, curanmor) itu sengaja dilakukannya, diwaktu waktu kecil, yakni pukul 03.00 pagi hingga pukul 06.00 wib. "Kami akan terus gencarkan operasi dalam menggencarkan intrupsi Kapolres," pungkasnya. (cr1)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template