PKBM Al-Muhajirin Dinilai Tim Pemprov Jabar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » PKBM Al-Muhajirin Dinilai Tim Pemprov Jabar

PKBM Al-Muhajirin Dinilai Tim Pemprov Jabar

Written By Mang Raka on Kamis, 26 Mei 2016 | 15.30.00

-Dalam Lomba Keaksaraan Dasar

LEMAHABANG, RAKA - Sukses menyandang predikat tutor terbaik serta pengelolaan Keaksaraan Fungsional (KF) se Jawa Barat, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al-Muhajirin Kecamatan Lemahabang menguji warga belajarnya perihal Keaksaraan Dasar (KF) untuk dilombakan dengan kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat.
Rabu siang 25/5, rombongan tim penilai lomba Wilayah II Jawa Barat menyambangi PKBM yang berlokasi di Desa Lemahabang tersebut dan menguji kemampuan ibu-ibu warga belajar yang sebelumnya buta huruf ini.
Ketua PKBM Al Muhajirin Lemahabang, Ujang Rohman S.pdi mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi penunjukan PKBM binaannya sebagai nominator lomba dalam kategori warga belajar tahun ini.
Dirinya terus Ujang, menyambut baik kepercayaan tersebut sekaligus memberikan apresiasi kepada semua tutor di Lemahabang yang ikut serta mendukung kegiatan lomba ini sehingga bisa terlaksana dengan baik. Ia berpesan agar ibu-ibu warga belajar tidak perlu ngotot ingin jadi juara atau tidak nantinya. Ia hanya meminta peserta didiknya tenang menjawab pertanyaan.
Meskipun memiliki lawan di wilayah II seperti Subang, Purwakarta dan Bekasi, namun sikap optimis itu harus diwujudkan bersama-sama. "Insya Allah jika berkenan kita bisa menjadi juara di kategori ini," harap dia.
Penilik UPTD PAUD/SD Lemahabang Andang Hermawan S.pd mengatakan Kecamatan Lemahabang sangat antusias menyambut program pemerintah, termasuk lomba dalam kategori warga belajar tahun ini. Kemarin terus Andang, dapat Keaksaraan Dasar (KD) 100 kelompok dan hasil monitoringnya, pembelajaran ini dilaksanakan dengan baik.
Jujur tambahnya, penilik sangat bangga memiliki binaan sekaliber PKBM Al Muhajirin ini. Ia sampaikan bahwa di tahun 2015 PKBM berhasil meraih juara pengelola KF terbaik se Jabar pada tahun 2015. Begitupun tahun 2014, Ketua PKBM langsung dinobatkan sebagai tutor terbaik se Jawa Barat. Terakhir sebut Andang, di tahun 2016 ini, PKBM Al Muhajirin dipilih menjadi pelaksana program paket A terbaik 1 di Kabupaten Karawang.
Untuk itu, seabreg prestasi ini diharapkannya bisa terus dipertahankan, agar PKBM Al Muhajirin semakin maju dan menelurkan warga belajar dan siswa yang memegang semangat menuntut ilmu. "Kita harap apa yang sudah ditorehkan ini bisa terus dipertahankan, siapa tahu lomba kali ini juga bisa kembali meraih prestasi," ungkap dia.
Camat Lemahabang, H Hamdani S.ip mengatakan bukan saja PKBM, kecamatannya juga masuk nominator penilaian lomba tingkat Provinsi Jawa Barat. Dirinya hanya berharap, setiap lembaga yang dilombakan bisa menjadi juara untuk kemajuan Kecamatan Lemahabang. "Kami haturkan selamat datang kepada tim juri, semoga saja setiap lembaga yang dilombakan di Lemahabang ini bisa menorehkan prestasi," harap dia.
Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Warga Belajar wilayah II Jawa Barat, Tatang menuturkan di Karawang pihaknya nilai 3 PKBM, yaitu di Tirtamulya dan Asolahiyah Kecamatan Cilamaya Kulon. Kebetulan di PKBM AL Muhajirin ini kebagian kategori warga belajar. Sebenarnya, program perlombaan ini merupakan wahana evaluasi program-program pendidikan yang dicanangkan Gubernur Jawa Barat. Apakah masih berjalan di daerah-daerah atau semakin vakum.
Sehingga, ia harapkan, menang kalah bukanlah dijadikan tujuan utama tapi kemanfaatannya yang harus dirasakan. Jika setelah selesai KF, masyarakat harus terus terus belajar, karena pendidikan itu tidak parsial, tapi menjadi tanggungjawab bersama. Sehingga terus Tatang, program apapun bisa diserap dan dikembangkan di kelompok dan  warga belajar PKBM. "Lomba ini hanyalah wahana evaluasi program yang sudah dicanangkan gubernur, memastikan apakah berjalan atau tidak di daerah-daerah, sehingga kalah menang bukanlah tujuan utama," pungkas dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template