Pindo Deli Diminta Normalisasi Cibeet - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Pindo Deli Diminta Normalisasi Cibeet

Pindo Deli Diminta Normalisasi Cibeet

Written By Mang Raka on Kamis, 19 Mei 2016 | 19.10.00

KARAWANG, RAKA - Dugaan pencemaran limbah pabrik terhadap Sungai Cibeet semakin terlihat. Hal itu terungkap saat Komisi C DPRD Kabupaten Karawang menggelar pertemuan dengan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) dan PT Pindo Deli 3 di kantor BPLH, Rabu (18/5) kemarin.
Dalam pertemuan tersebut, PT Pindo Deli 3 diminta memperbaiki instalasi pengolahan air limbah yang dibuang ke Sungai Cibeet, agar memenuhi baku mutu air yang telah ditetapkan. Perusahaan kertas tersebut juga diminta melakukan normalisasi sungai air, di sekitar outfall pembuangan air limbah di Sungai Cibeet. Mengganti pipa pembuangan yang mengalirkan air limbah dan menambah lagon dengan kapasitas besar 3 kali volume air limbah yang dibuang setiap hari. "Untuk poin dua, PT Pindo Deli harus mempresentasikan di hadapan Komisi C dan BPLH Karawang," terang Ketua Komisi C Elievia Khrissiana kepada Radar Karawang.
Ditambahkannya, untuk progres yang diperintahkan akan dilakukan evaluasi selambat-lambatnya 30 hari sejak berita acara ini dibuat. "Kita akan lakukan evaluasi sejauh mana himbauan kita dijalankan. Untuk selanjutnya, tindakan kita apa? Nunggu hasil evaluasi 30 hari kedepan," kata politisi PDIP ini.
Ia melanjutkan, persoalan ini diharapkan bisa selesai, agar iklim investasi yang ada di Karawang tetap terjaga. "Kita akan terus melakukan pengawasan sesuai fungsi kita. Dan BPLH bekerja sesuai tupoksinya juga. Dan perusahaan harus mematuhi aturan yang ada," tuturnya.
Wasdal BPLH Karawang, Ade Iman mengatakan, BPLH pada prinsipnya sama dengan hasil pertemuan yang digelar oleh Komisi C dan PT Pindo Deli 3. "Kita akan mengawasi dan terus memantau terkait hasil pertemuan sejauh mana dijalankan. Dan setelah waktu yang ditentukan kita bersama-sama, dewan akan melakukan evaluasi," ungkapnya.
Sementara itu, perwakilan PT Pindo Deli 3, Syamsul Sobar mengatakan, pihaknya akan menjalankan sesuai kesepakatan. "Kita akan melaksanakan sesuai kesepakatan," katanya.(dri)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template