Petani Dipacu Tingkatkan Produksi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Dipacu Tingkatkan Produksi

Petani Dipacu Tingkatkan Produksi

Written By Mang Raka on Rabu, 25 Mei 2016 | 14.30.00

PANGKALAN,RAKA - Kerjasama lintas sektoral diperlukan untuk meningkatkan  kualitas dan produktifitas hasil pertanian, sebagai upaya pencapaian ketahanan pangan di daerah. Hal itu terungkap dalam sosialisasi yang dilakukan Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang, kemarin, di Kecamatan Pangkalan. Kegiatan yang dihadiri jajaran muspika dan kepala desa itu membahas tentang upaya meningkatkan produktifitas pertanian melalui kerjasama sektor terkait.

"Sinergitas leading sektor sangat dibutuhkan oleh para petani untuk meningkatkan produktifitas dan kualitas pertanian," ucap Kepala UPTD Distanhutbunak Kecamatan Pangkalan, Agus Rahmat. Hal ini menjadi alasan Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang memberikan bimbingan tekhnis perihal ketahanan pangan kepada petani.
Hadir dalam pelaksanaan tersebut Sekertaris Kecamatan Pangkalan Bunawan,  Kabid Ketersediaan dan Keragaman Produk Pangan  DarwantoAdi.Spd.MM, serta Kepala desa SeKecamatan Pangkalan serta Perwakilan dari Koramil 0410 Pangkalan dan Kepolisian Sektor Pangkalan.
Sementara Sekertaris Kecamatan Pangkalan, Bunawan menyampaikan dirinya menyambut baik program ketahanan pangan itu bisa menjadi program unggulan agar bisa menghasilkan hasil yang maksimal hingga petani menjadi petani yang lebih terjamin mada depannya.
"Kami menyambut baik program ketahanan pangan yang memang sinergisnya melibatkan semua stageholder yang ada agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal hingga mampu merubah perekonomian rakyat," paparnya.
Ditambahkan Kepala UPTD Distanhutbunnak Kecamatan Pangkalan, Agus rahmat.SP, dia berharap program komperehensif yang dipaparkan mampu menambah pengetahuan lebih dari para pelaku industri pertanian agar masa depannya lebih baik. Akan tetapi saat ini kendala terbesar dihadapkan kepada suatu dilema penjualan maka diharapkan program itu mampu selesai dari hulu ke hilirnya.
"Program berkesinambungan saat adanya penyelesaian akhir dari suatu konsep yang memberi makna tersendiri bagi para petani hingga hasilnya nanti memberikan kenyamanan yang berarti bagi para petani itu juga," ucapnya.
Sementara di sela-sela rapat, petani dari Desa Mulangsari, Karna (45menyampaikan, agar program dan bimbingan teknis itu bisa sampai ke pelosok yang ada didesa nya supaya masyarakat bisa mengetahui secara jelas apa yang akan coba pemerintah gulirkan.
"Jadi jangan sampai program yang baik itu malah tidak dipahami oleh para petani dan masyarakat luas. Saya pikir program pemerintah seyogyanya membuat masyarakat bisa terbantu. Jadi saya berharap sosialisasinya berjalan dengan baik. Desa Mulangsari saat ini masyarakat nya hampir 70% sebagai petani aktif sehingga moment ini sangat di nanti," tutupnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template