Pesta Petani se-Jabar di Karawang Harus Sukses - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pesta Petani se-Jabar di Karawang Harus Sukses

Pesta Petani se-Jabar di Karawang Harus Sukses

Written By Mang Raka on Selasa, 24 Mei 2016 | 13.00.00

CILAMAYA, RAKA - Hari Krida Pertanian (HKP) ke 44 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Desa Wadas Kampung Budaya Kecamatan Telukjambe Timur akan digelar 1-4 Juni mendatang. Beragam persiapan dilakukan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan BP4K Karawang agar pesta petani itu sukses terselenggara.
Rencananya, seribu peserta dari 28 kabupaten/kota se Jawa Barat bakal tumplek dalam kegiatan HKP yang digelar 2 hari menjelang Ramadan itu.
Ketua KTNA Karawang Enjam Jamsir mengatakan, bagi lapisan masyarakat yang merasa mengkonsumsi nasi, diwajibkan ikut menyukseskan HKP ke 44 Jawa Barat ini.
Apalagi, Karawang yang tersohor dengan Turubuk Pangkalan ini menjadi tuan rumah untuk kali pertama. Karenanya, Krida sebagai hari introspeksi, evaluasi dan musyawarah tani ini harus sukses baik dari segi perencanaan, kegiatan hingga evaluasi. Untuk itu sebenarnya terus Enjam, HKP ini bukan saja hajat petani tetapi bagi semua lapisan masyarakat yang selama ini makan nasi tiap hari. Karena disadari atau tidak, nasi adalah hasil keringat para petani-petani. Alangkah naif terus Enjam, jika HKP ini tidak disambut dengan baik oleh masyarakat Karawang. "Yang merasa mengkonsumsi nasi harus sukseskan HKP, karena 1-4 Juni nanti itu adalah harinya para tani," ungkap dia.
Kepala BP4K Karawang, Nahrowi M Noer mengatakan HKP adalah hari dimana petani introspeksi dan evaluasi. Didalamnya adalah kegiatan-kegiatan materi penyuluhan yang pesertanya murni para petani dan menjadi media menjembatani informasi kepada Petani secara menyeluruh. Karawang terus Nahrowi, dipercaya sebagai panitia lokal yang harus mempersiapkan seribu tamu petani dari 28 kabupaten/kota di Jawa Barat. Disamping juga menyedot para pengunjung lokal Karawang dari stan-stan ekspo dan pameran pertanian yang disuguhkan berbagai kabupaten/kota nantinya. Karawang sendiri tambahnya, siapkan pengembangan agrobisnis dan memamerkan beragam varietas organik Karawang hingga tanaman-tanaman khas Karawang seperti Turubuk. "Insya Allah, Gubernur Jabar dipastikan hadir pada 2 Juni nanti membuka pagelaran HKP ini di Kampung Budaya," kata dia.
Lebih jauh ia menambahkan, kegiatan lomba-lomba pertanian, baik asah trampil dan inovasi teknologi pertani akan mewarnai kegiatan HKP ke 44. Untuk itu, mengambil tema "Kita Mantapkan Kelembagaan tani/nelayan sebagai Mitra Pemerintah Dalam Rangka Kemandirian Pangan dan Kesejahteraan Petani di Jawa Barat" diharapkan berjalan sukses. "Dengan tema yang sudah kita pampang lewat sosialisasi, semoga saja HKP Jabar ke 44 tahun ini di Karawang sukses," ungkapnya. (rud)


Acara Inti HKP Jawa Barat ke 44 di Karawang :

1 Juni : Rembug Madya bareng KTNA

2 Juni :
Lomba Asah Terampil
Lomba Puisi Pertanian
Inovasi Teknologi

3 Juni :
Lomba-lomba
Temu Profesi Penyuluh se Jabar

4 Juni :
Lomba-Lomba pertanian
Penyerahan Hadiah
Penutupan
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template