Pesta Akhir Tahun SD di Lemahabang Diganti Piknik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pesta Akhir Tahun SD di Lemahabang Diganti Piknik

Pesta Akhir Tahun SD di Lemahabang Diganti Piknik

Written By Mang Raka on Sabtu, 21 Mei 2016 | 13.00.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Usai Ujian Nasional (UN) dan persiapan Ujian Kompetensi Kelas (UKK) SD akhir Mei ini, sekolah yang biasanya disibukan dengan rentetan perayaan pembagian rapor dibarengi pagelaran seni akhir tahun ajaran sepertinya bakal ditiadakan karena memasuki bulan suci Ramadan. Termasuk pesta kenaikan kelas maupun pelepasan kelas VI. Sebagai gantinya, sejumlah SD memilih sarana piknik sebelum Ramadan bagi siswa kelas VI.
Diungkapkan Kepala SDN Karyamukti 1, Padi S.pd, jadwal kalender akademik memang terus berjalan. Paska UN dan UKK diakhir Mei ini, tidak banyak yang dipersiapkan sekolah untuk menggelar perayaan tampilan seni demi memeriahkan kenaikan kelas dan pelepasan kelas VI.
Mengingat, tidak memungkinkan pelaksanaan itu digelar selama bulan suci Ramadan. Sehingga, sebagai gantinya kemungkinan para siswa khusus kelas VI ini mengadakan agenda piknik ke luar kota sebelum bulan Ramadan tiba. "Gak memungkinkan sih kalau ada perayaan akhir tahun ajaran mah, soalnya masuk Ramadan, tapi sekurang-kurangnya kita menggelar piknik," kata dia.
Senada diungkapkan Kepala SDN Kesawung II H Rohyat Nurdin S.pd meskipun titimangsa kalender akademik untuk pembagian rapor dan memasuki masa libur adalah tanggal 25 Juni mendatang, namun selama bulan Juni itu adalah hari-hari Ramadan. Sehingga, tidak ada celah menggelar pesta kenaikan kelas dan pelepasan siswa kelas VI yang biasanya menyuguhkan ajang kreativitas dan kesenian siswa. Baik dipagi hari, sore hari maupun di malam hari.
Untuk itu, kemungkinan besar semua sekolah di Lemahabang tidak ada yang akan menggelarnya. "Tanggung sih, ya lebih baik ditiadakan kegiatan perayaan di tahun ini mah," tandas dia.
Kepala UPTD PAUD/SD Lemahabang Rusta Anzela S.pd menuturkan sejauh ini kurang dari 10 SD yang sudah melaporkan menggelar kegiatan piknik bagi kelas VI. Meskipun bukan wewenang UPTD melarang perayaan atau bahkan piknik, yang jelas semua SD punya cara tersendiri berdasarkan kesepakatan dengan komite.
Khusus yang akan piknik keluar kota jelang Ramadan bagi kelas VI, ia mempersilahkan dengan catatan harus mengantongi izin UPTD dan mengikut sertakan para guru-guru untuk mengawasi selama piknik. Bagi UPTD, sekolah diharapkannya menjamin keamanan dan keselamatan siswa selama piknik. Meskipun diakui Utok, jarak tour bagi siswa ini dekat, seperti Taman Mini, Ancol maupun wahana lainnya. Namun tetap saja keamanan harus dijaga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. "Kebanyakan piknik sih, tapi tetap gurunya harus ikut dan menjamin keamanan siswa selama liburan," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template