Perda Ketenagakerjaan Terancam Dihapus - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perda Ketenagakerjaan Terancam Dihapus

Perda Ketenagakerjaan Terancam Dihapus

Written By Mang Raka on Selasa, 17 Mei 2016 | 18.00.00

KARAWANG, RAKA – Peraturan Daerah No 1 Tahun 2011 tentang Ketenagakerjaan yang berisi pengaturan jumlah tenaga kerja lokal dan luar Karawang di satu perusahaan, dianggap Komite Pemantau Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) sebagai bentuk diskriminasi, dan bisa mengganggu iklim investasi.
Peneliti KPPOD, M. Yudha Prawira mengatakan, perda tersebut bertentangan dengan Undang-undang No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, karena telah memicu diskriminasi dalam mendapatkan pekerjaan. Selain itu, perda tersebut juga membuat perusahaan sulit mendapatkan tenaga kerja berkualitas. "Ada dua daerah yang telah menerbitkan perda serupa, yaitu Kabupaten Karawang dan Kota Bekasi. Dua perda terancam akan dihapus," ungkapnya, Senin (16/5) kemarin.
Wakil Bupati Karawang Ahmad 'Jimmy' Zamakhsari mengatakan, Perda Ketenagakerjaan sudah mengutamakan azas keadilan bagi masyarakat Karawang dan pendatang. Alasannya, Pemkab Karawang juga harus bisa menjamin kesempatan kerja bagi warganya sendiri. "Saya kira di daerah manapun pemimpinnya pasti akan mengutamakan warganya terlebih dahulu untuk mendapatkan pekerjaan. Kemudian kita juga memberikan porsi untuk warga luar mendapatkan pekerjaan di sini (Karawang). Jadi cukup adil itu,” katanya.
Jimmy mengancam akan menggugat pemerintah pusat jika menghapus Perda Ketenagakerjaan. Karena jika perda tersebut dihapus, akan menyakiti warga Karawang yang sedang mencari pekerjaan. ”Jika perda ini dihapus kita akan sulit mengendalikan angka pengangguran,” tegasnya.
Jimmy mengaku perda tersebut dibuat tidak asal-asalan, karena sudah mempertimbangkan berbagai aspek termasuk kebutuhan perusahaan. Pemkab Karawang juga sudah mempersiapkan balai latihan kerja (BLK), sebelum warganya masuk ke dunia industri. ”Perusahaan tidak ada yang protes, malah mereka mendukung kita kok,” katanya. (ops)
Berbagi Artikel :

2 komentar:

  1. siapa yg ngomong begitu, kita cari tahu dulu ... pokoknya disnakertran yg tidak mendukung rakyat daerah pecat sajalah

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template