Percepatan Pembangunan Klari Terancam Gagal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Percepatan Pembangunan Klari Terancam Gagal

Percepatan Pembangunan Klari Terancam Gagal

Written By Mang Raka on Rabu, 25 Mei 2016 | 14.00.00

KLARI, RAKA – Percepatan pembangunan di wilayah Kecamatan Klari sepertinya tidak akan terealisasi. Buktinya, hingga saat ini dari 14 desa yang ada di kecamatan tersebut ternyata baru dua desa saja yang sudah mencairkan alokasi dana desa tahap tiga. Sementara 11 desa lainnya sampai sekarang masih dipertanyakan surat pertanggungjawabannya (SPj) sebagai syarat pencairan dana pembangunan tersebut.

Dua desa yang sudah mencairkan dana desa tersebut masing-masing Desa Duren dan Desa Klari. Sisanya masih terkendala perihal pembuatan SPJ di tahap dua, yang menjadi kendala untuk desa dalam melakukan pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) di tahap 3 nantinya. Perihal inilah kembali disinggung  pada minggon Kecamatan Klari.
Tidak sedikit Desa yang berada di Kecamatan Klari belum menyerahkan Surat Pertanggung Jawabannya. Sehingga Desakan Para Pendamping Desa (PD) Tingkat Kecamatan  Klari meminta untuk disegerakan pembuatan SPJ di tahap dua. “Masalah SPj desa sampai saat ini masih ada yang belum selesai, diharapkan untuk segera dilakukan pembuatannya. Bahkan ada desa yang belum membuat SPj tahan satu," ungkap Pendamping Desa (PD) Kecamatan Klari, Ramdani, kemarin.
Ramdani menambahkan, mesti sudah diberitahukan berkali-kali tetap saja pembuatan SPj yang seharusnya dikerjakan dan nanti diserahkan ke kecamatan masih belum selesai juga dalam pembuatannya. Hal tersebut akan menjadikan sebuah kendala nantinya, untuk anggaran Dana Desa di tahun 2016 ini. “Masalah SPj masih dipertanyakan, soalnya, kenapa sampai sekarang pembuatan SPj masih belum tuntas seluruh desa selesai dalam pembuatannya,” paparnya.
Menurutnya, mengenai dana desa untuk wilayah Kabupaten Karawang di tahun 2016 ini, memang sedikit terlambat dalam penyerapan Alokasi Dana Desa. Hal itu memang jauh  berbeda dengan wilayah lain yang saat ini, dana desa di tahun 2016 sudah terserap dan sedang digunakannya. “Untuk tahun ini, yakni 2016, dana desa wilayah Kabupaten Karawang, terlambat penyerapannya,” terangnya.
Sementara itu, sambung dia, kalau saja, dalam pemanfaatan dana desa itu, digunakan dengan baik dan tepat, sudah dipastikan saat ini, dalam pembuatan SPj sudah tuntas dikerjakan, dan seluruh desa tinggal menyerap Dana Desa di tahun 2016. “Kalau penggunaannya, disesuaikan dengan kebutuhan desanya, pasti pembuatan SPj saat ini sudah selesai tanpa harus berlarut-larut seperti ini,” katanya.
Hal  senada diungkapkan, Sekertaris Kecematan Klari, Euis ketika sedang memimpin minggon tersebut, diharapkan bagi desa yang belum menyerahkan SPj nya di tahap dua untuk segera secepatnya diserahkan. Karena sampai saat ini, masih ada beberapa desa yang belum menyerahkannya. Sehingga dalam minggon untuk saat ini pun dibahas kembali dan diingatkan untuk segera secepatnya dikerjakan oleh desa-desa yang belum menyerahkan SPJ di tahap 2 tersebut. “Yang belum membuat SPj dana desa tahap dua, sampai saat ini, masih ada beberapa desa yang belum menyerahkan ke pihak Kecamatan,” pungkasnya. (cr1)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template