Penerima Bantuan Traktor Dipungut Rp 3 Juta - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Penerima Bantuan Traktor Dipungut Rp 3 Juta

Penerima Bantuan Traktor Dipungut Rp 3 Juta

Written By Mang Raka on Senin, 16 Mei 2016 | 13.30.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Masih ingat dengan bantuan ratusan traktor dari Pemerintah Pusat, dan aspirasi bupati yang turun Ke Dinas Pertanian untuk dibagikan ke petani? Ternyata mesin pembajak sawah itu tidak gratis.
Berdasarkan penelusuran Radar Karawang di beberapa kecamatan, traktor itu ternyata dibanderol mulai Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta per unitnya. Oknumnya pun beragam, mulai dari pegawai Dinas Pertanian Kehutanan Perkebunan dan Peternakan hingga UPTD Pertanian.
Seorang petani Cilempung, Desa Pasirjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Herman mengatakan, bantuan dari pemerintah itu tidak gratis. Petani yang menerima traktor harus membayar Rp 3 juta. "Orang yang gak punya garapan sawah justru dia dapat bantuan. Anehnya bantuan itu juga harus ditebus mencapai Rp 3 jutaan," ungkapnya kepada Radar Karawang, Minggu (15/5) kemarin.
Hal serupa juga terjadi di Kecamatan Telagasari. Dari sumber yang meminta dirahasiakan namanya ini terungkap, selain memungut Rp 1 juta, oknum petugas UPTD Pertanian juga mewajibkan penerima traktor mengasuransikan lahannya minimal 15 hektare. Jika asuransi yang harus dibayar per hektare Rp 36 ribu, maka si petani wajib menyetor uang asuransi Rp 540 ribu setiap bulan. "Uang Rp 1 juta dalihnya sebagai uang jasa," ungkapnya.
Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Karawang, H Enjam Jamsir, mengaku kaget dan akan melaporkan persoalan itu ke Bupati Cellica Nurrachadiana. "Coba cek lagi. Jika data itu benar, saya laporkan," ujarnya.
Sementara itu, Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Telagasari, Ir Handoko saat disinggung uang tebusan bantuan traktor Rp 1,5 juta, sampai berita ini diturunkan tidak memberikan balasan. Begitupun Kepala Dinas Pertanian, Ir Kadarisman, juga belum memberikan keterangan. Telepon maupun SMS tidak dijawab. (rud)

Berbagi Artikel :

3 komentar:

  1. Teruuss Arek Di Antepkeun Wae euy Anu Kitu The ???

    BalasHapus
  2. kalau bisa jangan tulus karena traktor yg dulu dibagikan lenyap seketika

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template