Pemkab Mau Gali Pajak Miras - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Pemkab Mau Gali Pajak Miras

Pemkab Mau Gali Pajak Miras

Written By Mang Raka on Senin, 23 Mei 2016 | 17.50.00

KARAWANG, RAKA - Alih-alih memberantas peredaran minuman keras, Pemerintah Kabupaten Karawang justru akan memanfaatkan penjualan miras untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).
Rencana itu terdengar setelah Ketua DPRD Kabupaten Karawang Toto Suripto menantang keberanian Wakil Bupati Ahmad 'Jimmy' Zamakhsari, untuk menutup tempat hiburan saat bulan Ramadan. Mendengar itu, Jimmy justru mengaku tidak tertarik menutup tempat hiburan. Menurutnya, tempat hiburan khususnya minuman keras justru bisa menghasilkan pajak bagi daerah. "Saya malah lebih tertarik untuk memaksimalkan PAD, ketimbang masalah menutup tempat hiburan selama Ramadan," kata Jimmy kepada Radar Karawang, baru-baru ini.
Jimmy bahkan akan berupaya untuk mendapatkan PAD dari minuman keras yang dijual setiap tempat hiburan di Karawang. "Saya akan mengoptimalkan pendapatan PAD dari sektor miras," terangnya.
Kabid Pajak I Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Karawang Yayat Hidayatullah mengatakan, selama ini miras belum bisa menghasilan PAD karena belum ada regulasinya. "Tapi jika kedepan ada regulasi pajak miras, DPPKAD dalam hal ini Bidang Pajak I siap mendukung langkah Pemerintah Kabupaten Karawang," ungkapnya.
Sementara pajak tempat hiburan, kata Yayat, berhasil digali Rp 3.968.855.612 pada tahun 2015. Sedangkan untuk tahun ini dari bulan Januari hingga April baru Rp 2.346.436.501. "Jika ditanya sudah maksimal, belum bisa dikatakan maksimal. Karena itu baru yang sudah berizin. Sementara diduga banyak tempat hiburan yang belum berizin, sehingga sulit untuk ditarik pajaknya yang secara langsung," bebernya.
Ia berharap, tempat hiburan belum berizin bisa digali retribusinya lewat miras. Dengan catatan, ada regulasi yang mengatur soal peredaran miras di Karawang. "Kita hanya sebatas penarikan pajak. Dan itu bisa dilakukan pada tempat hiburan yang sudah memiliki izin saja," terangnya.(dri)
Berbagi Artikel :

2 komentar:

  1. Ada banyak ulama yang baik-baik dimana mereka hanya akan takut kepada Allah semata, yang saat ini menjadi penasehat bupati dan wakilnya. Jadi tolongdong dijelaskan kepada ustadsz jimmy mengenai hukumnya miras.

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template