Pegawai Desa Jangan Gaptek - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pegawai Desa Jangan Gaptek

Pegawai Desa Jangan Gaptek

Written By Mang Raka on Selasa, 10 Mei 2016 | 13.30.00

TELAGASARI, RAKA - Perkembangan teknologi menjadi arus yang tidak bisa dicegah dewasa ini. Mengakses informasi dan teknologi diyakini membuat desa-desa di Karawang semakin maju dan berkembang. Sebab tak hanya soal tingkat strata pendidikan dan usia yang menjadi syarat pegawai desa, SDM pemerintahan desa juga diharapkan bisa lebih melek teknologi.
Itu yang diharapkan Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Budi Pertiwi Pahrudin SE kepada Radar Karawang. Menurutnya, belum semua pegawai desa setingkat Kepala Urusan (Kaur) atau Kasie, memiliki komputer masing-masing untuk menunjang kinerja mereka. Disisi lain, tingkat melek informasi kedaerahan dan isu strategis di pemerintahan desa juga masih minim.
Sehingga, pemkab tak hanya memberikan Bimtek kepada pemerintahan desa soal tupoksi saja, tetapi juga harus melatih kesadaran teknologi mereka. Sehingga, suatu saat, pemerintah desa dan kabupaten cukup terhubung melalui saluran teknologi untuk beragam keperluan, seperti pelaporan dan lain-lain sehingga lebih cepat dalam melayani. "Tidak cukup dibintek soal kerjanya saja, tetapi harus dibintek juga soal kompetensi teknologinya," pinta dia.
Pemuda asal Kepuh Al-jariah ini menambahkan, perlunya pemerintahan desa melek teknologi bukan tanpa alasan dewasa ini. Karena, kebutuhan masyarakat desa dalam pelayanan pengurusan administrasi kependudukan, pendidikan hingga pekerjaan menjadi semakin kompleks. Warga saat ini sudah butuh kerja cepat dan instan. "Kebutuhan orang sekarang sudah komplek, warga maunya yang cepat, fleksibel bahkan instan, maka solusinya ya kuasai teknologi dan informasi," ulasnya.
Lebih jauh Pahrudin menambahkan, macetnya bantuan yang turun ke desa, tidak lepas dari rendahnya akses-akses informasi yang dikuasai pemerintahan desa. Betapa tidak, banyak diantara kepala desa yang gaptek, dan harus mengandalkan operator untuk menyusun program dan ajuan. Apalagi UU Desa juga mensyaratkan bahwa strata pendidikan dan usia saja tak cukup, sebab harus juga menguasai teknologi. "Pendidikan dan usia ternyata gak menjamin kan? Faktor penting majunya desa itu ya SDM, leadership dan penguasaan teknologi," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template