Parkir Masih jadi Andalan Serap Tenaga Kerja - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Parkir Masih jadi Andalan Serap Tenaga Kerja

Parkir Masih jadi Andalan Serap Tenaga Kerja

Written By Mang Raka on Selasa, 10 Mei 2016 | 15.30.00

Sektor parkir kendaraan roda dua maupun roda empat di seputar Pasar Tradisional Rengasdengklok ternyata mampu menyerap ratusan tenaga kerja dari masyarakat setempat. Bahkan, parkir dianggap sebagai ladang yang juga membantu pemerintah menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Karawang, khususnya Rengadengklok.
"Parkir Juga merupakan bagian dari tata ruang yang menopang pertumbuhan sebuah pasar tradisional. Bagi kami, berprofesi sebagai tukang parkir bukan cuma kerjaan sampingan, tapi lebih penting lagi dari sekedar itu, karena pekerjaan ini sumber dari mata pencaharian keluarga," kata petugas parkir Bakso Mas Mul Rengasdenglok, Taofik (26) kepada RAKA, Kamis kemarin.
Dari pekerjaan ini, lanjut dia, bersama dengan tujuh orang rekannya, berprofesi sebagai petugas parkir lebih di karenakan sempitnya kesempatan untuk mencari pekerjaan dengan penghasilan yang lebih layak. Karena itu, ia mengakui termasuk golongan masyarakat yang terbilang masih beruntung, kendati hanya menjadi petugas parkir. "Pendapatan sisa bagi hasil ladang parkir cukup lumayan. Minimal masih ada pegangan untuk bisa bertahan hidup di tengah himpitan hidup di zaman sekarang ini.  Kami membagi tugas dan waktu bersama tujuh rekan lainnya, 4 petugas dari pukul 08.00 WIB-15.00 WIB dilanjutkan 3 petugas lainnya sampai warung bakso ini tutup," jelasnya.
Sementara, Petugas Tagih Parkir, Jana Juanda, mengatakan, sektor parkir ini bisa lebih dikembangkan, tetapi harus bisa melibatkan seluruh unsur yang berkewenangan, termasuk ratusan petugas parkir, tokoh masyarakat dan LSM setempat. "Artinya, apa yang sudah menjadi pegangan mereka selama ini tidak hilang, namun lebih baik lagi dari saat ini," ungkapnya.
Sehingga, sambung dia, pengembangan yang dilakukan tidak menimbulkan kerugian bagi pihak yang berkepentingan, namun pengembangan ini bisa membuat ladang parkir lebih terkelola dengan manajmen yang lebih baik. "Kami yakin bila ada itikad untuk mengembangkan sektor parkir yang terencana, tanpa menimbulkan dampak negatif kepada pihak yang berkaitan, tak akan ada yang keberatan. Bahkan bisa muncul dukungan mengingat bisa menjadi satu solusi mengurangi kepadatan jalan utama Rengasdengklok hingga saat ini," ucapnya.
Ia juga mendukung jika memang ada wacana pengembangan sektor parkir dengan manajemen yang terencana, tanpa menimbulkan kerugian bagi pihak manapun, termasuk seluruh para petugas parkir. "Lebih bagus lagi, jika seluruh unsur yang berkepentingan dalam pengelolaan parkir bisa di PNS-kan. Karena jika diasumsikan, pendapatan yang bisa dihasilkan dari sektor parkir bisa seimbang, bahkan lebih bila dibandingkan jumlah kebutuhan yang dikeluarkan, bila benar benar manajemen yang dikelola cukup baik," ucapnya.
Diakuinya, sektor parkir terutama di wilayah Kecamatan Rengasdengklok merupakan lahan yang mampu menyerap tenaga kerja dari masyarakat setempat, dan mampu menekan jumlah pengangguran saat ini. Karena itu, wacana ini harus benar benar matang, dan benar benar bertujuan untuk mengurai kepadatan Rengasdengklok, tanpa kepentingan yang lainnya.(fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template