Orang Cerdas Kurangi Makan Beras - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Orang Cerdas Kurangi Makan Beras

Orang Cerdas Kurangi Makan Beras

Written By Mang Raka on Selasa, 03 Mei 2016 | 12.00.00

-Karawang Tangkal Ancaman Ketahanan Pangan

RENGASDENGKLOK, RAKA - Ancaman ketahanan pangan kian nyata di depan mata. Dengan impor 2,5 juta ton per tahun, Indonesia menjadi pengimpor beras dunia. Hal ini tentu berimbas pada kesejahteraan masyarakat karena devisa negara digunakan untuk bahan konsumsi yang sebenarnya bisa diproduksi sendiri.
Sekretaris Badan Ketahanan Pangan (BKP), Raden Supandi menyebutkan tak ada kata lain selain mengurangi angka impor beras. Anggaran impor dapat dialihkan untuk keperluan yang lebih bermanfaat. Untuk merealisasikan hal itu, sumber bahan makanan alternatif yakni bahan makanan selain nasi yang kecukupan kalori, dan gizinya serupa perlu diketahui oleh masyarakat luas. "Orang cerdas, mengurangi konsumsi beras," ujarnya kepada Radar Karawang, Senin (2/5).
Dengan poin utama menjaga pola makan guna meningkatkan efektifitas kondisi tubuh, Karawang  memiliki potensi pengembangan komoditas pangan berupa jagung yang mempunyai kandungan asam tolat, dan serat yang baik bagi tubuh dapat diolah dengan variasi menu seperti bakwan jagung, nasi jagung, cake jagung. Singkong, enak dibuat tiwul goreng dan rebus, kue singkong parut keju, lapis singkong, kue talam singkong.
Talas, meski pengkonsumsiannya sering kali menimbulkan rasa gatal penyebab Kalsium Oksolat, hal itu tidak menimbulkan gangguan serius. Kalsium Oksalat dapat dihilangkan dengan pencucian air garam, dan direndam 30 menit, setelahnya dapat di olah seperti kue talas saus gula merah, puding talas. Dan masih banyak lagi olahan yang dapat kita hasilkan untuk alternatif bahan pangan.
Kepala Seksi Keragaman Pangan Purwanto menyebutkan. Hal ini dapat dilakukan secara berkesinambungan, dan tahap awalnya yakni sosialisasi yang sebelumnya sudah diimplementasikan di sejumlah daerah seperti Telukjambe Barat (22/4) lalu, Dengklok (2/5), yang selanjutnya ditargetkan di Ciampel (3/5) termasuk Klari, dan Pangkalan yang masih tahap koordinasi dengan aparatur setempat. "5 lokasi dalam 1 tahun," tuturnya.
Selain itu, pada tahun ini akan diselenggarakan pelatihan di tiap desa dari kecamatan yang sudah mendapat materi sosialisasi, dan lomba cipta menu tingkat kabupaten. Staf Badan Ketahanan Pangan, Agus menyatakan, pada sosialisasi kali ini dihadiri 27 orang dari unit kerja baik desa hingga kecamatan. Diharapkan dengan adanya sosialisasi tersebut, semua pihak dapat bekerja sama dengan baik dalam mewujudkan penanganan krisis bahan pangan. (cr3)

Rata-Rata Konsumsi Komoditas Pangan di Indonesia per Tahun (kg)
1 Beras 139,15 Kg/tahun
2 Jagung 5,32 Kg/tahun
3 Ketela Pohon 15,04 Kg/tahun
4 Ayam 4,07 Kg/tahun
5 Daging 7,10 Kg/tahun
6 Telur 6,12 Kg/tahun
7 Susu 6,50 Kg/tahun
8 Ikan 18,58 Kg/tahun
9 Buah-buahan 50,78 Kg/tahun
10 Gula 15,6 Kg/tahun
11 Kedelai 7,78 Kg/tahun
12 Sayur-sayuran 9,60 Kg/tahun
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template