Nilai Rapot tak Boleh Ditip-X - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Nilai Rapot tak Boleh Ditip-X

Nilai Rapot tak Boleh Ditip-X

Written By Mang Raka on Kamis, 19 Mei 2016 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Ratusan guru Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) se-Karawang Kota mengikuti kegiatan sosialisai penilaian berdasarkan Permendikbud 53 Tahun 2015 yang diselenggarakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 6 Karawang, Rabu (18/5) pagi kemarin.
Ketua Komisariat Karawang Kota, Herman M.Pd, menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut merupakan penjelasan tentang cara penilaian hasil belajar siswa. Dimana kata dia untuk penilaian yang diterapkan di dalam rapot akan diganti dengan menggunakan huruf abjad dan tidak lagi memberlakukan angka. "Ini juga baru masih sosialisasi ke setiap guru," katanya.
Tak hanya itu, menurut dia hal tersebut bisa diberlakukan untuk semua kurikulum di sekolah, baik yang masih menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Penididikan (KTSP) maupun Kurikulum 2013 (Kurtilas). Karena untuk penerapan nilai akan diberlakukan secara umum di setiap sekolah. Maka bagi semua guru yang sudah mengisi, diharapkan untuk bisa menghentikan. "Makanya kita terus galakan sosialisasi, jangan sampai apa yang sudah dikerjakan guru nanti diganti lagi kan kerja dua kali belum gitu dalam rapot tidak boleh ada tipe-x atau hapusan," jelasnya.
Dalam kegiatan sosialisaasi tersebut bukan hanya teori saja yang akan dibekali kepada setiap guru. Bahkan dalam sosialisasi tentang penilaian ini akan lebih banyak kepada praktek, agar mereka lebih jelas. "Lebih banyak praktek dibanding teori dalam sosialisasi ini, agar lebih mudah dipahami," tuturnya.
Dia menjelaskan, dari 26 SMP yang ada di Karawang Kota dibagi menjadi 4 titik wilayah dalam pembagian tugas sosialisasi. Karena menurutnya, jika kegiatan sosialisasi tersebut harus disatukan dalam satu tempat tidak akan cukup. Maka untuk lebih mempermudah dan bisa dapat dipahami oleh guru atau peserta dibagi ke beberapa wilayah. "Pertama kita di SMP Slamet Riyadi, SMPN 6, SMPN 4 dan SMPN 2 Karawang Timur," pungkasnya.(yna)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template