Nasib Perajin Wayang Golek Sukatani - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Nasib Perajin Wayang Golek Sukatani

Nasib Perajin Wayang Golek Sukatani

Written By Mang Raka on Rabu, 11 Mei 2016 | 15.30.00

- Dulu Sulit Pemasaran, Kini Kesulitan Modal

SUKATANI, RAKA- Program pemerintah terkait pengembangan usaha kecil menengah (UKM) yang belakangan sering digembar-gemborkan. Hingga kini belum bisa dirasakan oleh seluruh warga Purwakarta, termasuk perajin wayang golek.
Minimnya bantuan modal dari pemerintah kepada perajin wayang golek di Kecamatan Sukatani, menyebabkan mereka harus gulung tikar dan berhenti jadi perajin. "Saya sudah empat belas tahun  membuat putihan wayang golek tabung, asesoris dan pulpen, sekarang sudah berhenti karena terkendala dari segi pemasaran serta modal," kata perajin wayang golek, Masri (60), di kediaman di Kampung Gunung Sembung, Desa Sukajaya, Kecamatan Sukatani, Selasa (10/5).
Menurut Masri, di Desa Sukajaya, dulunya ada dua kelompok perajin, namun waktu itu kesulitan memasarkannya ditambah sekarang terkendala modal, mengakibatkan para pelaku usaha gulung tikar. Hal ini yang dirasakan mayoritas perajin wayang golek di kecamatan tersebut. "Dulu saya berhenti membuat kerajinan karena sulit memasarkannnya, sekarang pemasaran gampang tapi terkendala dengan modal, maka dari itu saya sekarang membeli putihan dari luar desa kemudian di cat yang nantinya di kirim ke Jakarta," tutur bapak tiga anak itu kepada Radar Karawang.
Masri berharap, pihak terkait segera turun tangan guna menyelamatkan para perajin wayang khas Jawa Barat ini. "Saya berharap pemerintah memberikan modal atau alat untuk para perajin wayang golek ini, agar dapat mandiri seperti dulu," ujarnya. (cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template