Musim Panen, Banyak Pemulung Alih Profesi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Musim Panen, Banyak Pemulung Alih Profesi

Musim Panen, Banyak Pemulung Alih Profesi

Written By Mang Raka on Sabtu, 21 Mei 2016 | 12.30.00

KUTAWALUYA, RAKA - Pengepul barang bekas di Kecamatan Kutawaluya sedang pusing akibat tenaga pengepul barang rongsok beralih profesi jadi pemotong padi.
Pengepul barang bekas di Dusun karanganyar Desa Kutakarya Kutawaluya, Rusdi (52) menyebut datangnya musim panen padi membuat para pemulung yang biasanya memasok barang bekas beralih jadi pemborong potong padi. Sehingga, omzet yang dikantongi per hari menurun drastis. Menurutnya, kondisi tersebut kerap ia alami pada musim panen. "Musim potong padi sangat berpengaruh pada pengahasilan saya, sudah kecil, ehh ditambah kondisi kaya begini," katanya kepada Radar Karawang, Jumat (20/5).
Menurutnya, peralihan pemasok ke pegawai potong padi memanfaatkan momentum panen memang tidak setiap waktu terjadi. Kendati demikian, barang bekas yang ia kirim ke lapak ataupun pabrik penampung tidak terhambat. Dalam 5 kali dalam sehari menggunakan mobil carry dengan bobot 5 kwintal per satu pengiriman. "Dalam 1 pengiriman jenis sampah gelas plastik mencapai 5 kwintal, dan itu sampai 5 kali dalam sehari," katanya.
Lanjutnya, jenis sampah yang ia tampung beragam rupanya. Seperti plastik, logam, maupun kertas. Untuk jenis sampah gelas plastik yang sudah dibersihkan, ia beri harga Rp 7 ribu per Kg. Aku dia, sedikitnya 3 orang pemulung di Rengasdengklok jadi pemasok barang bekas. "Tenaga yang paling berkontribusi memberikan hasil barang bekas terbesar yakni Pasar Rengasdengklok," terangnya. (cr3)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template