Minimarket Dilarang Masuk Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Minimarket Dilarang Masuk Desa

Minimarket Dilarang Masuk Desa

Written By Mang Raka on Sabtu, 21 Mei 2016 | 13.30.00

KARAWANG, RAKA - Minimarket dan pasar swalayan yang sebelumnya bisa berdiri seenaknya, kini diatur ketat oleh Peraturan Daerah (Perda) tentang Pasar Rakyat, Pasar Modern dan Swalayan.
Perda yang baru disahkan dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Karawang, Rabu (20/5) kemarin, selain mengatur jarak minimarket dengan pasar rakyat, juga melarang pendirian minimarket di desa.
Ketua Pansus Perda Pasar Rakyat, Pasar Modern dan Swalayan, Danu Hamidi mengatakan, saat ini sudah jelas pengaturan jarak antara pasar rakyat atau tradisional dengan toko modern serta swalayan. Sehingga kedepan tidak lagi ada penafsiran yang berbeda-beda.
Danu juga mengklaim Perda Pasar tidak terlambat dikeluarkan. Karena penerapan perda ini disesuaikan dengan kehadiran minimarket yang sudah ada di desa-desa. Jika dalam satu tahun kedepan keberadaan minimarket bermasalah, maka izinnya bisa dikaji ulang. "Dalam perda ini sudah jelas aturannya. Sehingga kata terlambat untuk Perda Pasar ini tidak ada," ungkap ketua Komisi B tersebut.
Selain mengatur minimarket, Perda Pasar juga mengatur regulasi keberadaan pasar di Karawang. Mulai dari anggaran maupun pengelolaan pasar. "Jika tidak ada anggaran untuk pengelolaan pasar, maka pemerintah bisa menggandeng pihak ketiga. Tapi harus dikaji dengan teliti. Jangan sampai kasus Pasar Cikampek 1 terjadi di pasar rakyat lainnya," ungkapnya.
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menyambut baik perda inisiatif dewan tersebut. Sebagai tindak lanjut, pihaknya akan membuat peraturan bupati (perbup) untuk mendukung penerapan Perda Pasar di lapangan. "Kami berharap Perda Pasar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya. (dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template