Menjadi Guru Suatu Kebanggaan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Menjadi Guru Suatu Kebanggaan

Menjadi Guru Suatu Kebanggaan

Written By Mang Raka on Jumat, 20 Mei 2016 | 17.00.00

KARAWANG, RAKA – Menjadi guru dan ingin bermanfaat bagi orang lain, adalah impian Siti Kholisoh, salah satu guru Ilmu Pengetahun Alam (IPA) Biologi di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Karawang Timur.
Perempuan kelahiran Karawang 16 Agustus 1983 ini menyampaikan, bahwa dengan menjadi guru merupakan suatu kebanggaan bagi dirinya sendiri. Karena menurutnya, guru adalah pemberi hikmah dan hanya orang-orang yang mencari serta mendapatkan hikmah pula yang bisa menjadi guru sejati. “Saya bangga jadi guru dan emang cita-cita dari kecil,” katanya.
Masih dikatakan perempuan yang mempunyai motto menggapai ridho Allah dan bisa bermanfaat buat orang banyak ini menngungkapkan, meski hanya memberikan pelajaran IPA. Namun bisa juga memberikan pelajaran kepada setiap siswa mengenai kebesaran-kebesaran Allah. “Kan pelajaran IPA juga mengajarkan tentang ayat-ayat Allah yang tidak tersurat dalam Al Quran,” tuturnya.
Dengan menjadi guru honorer dan mendapatkan gaji sebesar Rp 700 ribu perbulan, bukanlah suatu hal yang bisa dianggap mudah. Dengan perjuangan dan kerja keras serta selalu menjunjung tinggi bahwa apa yang dilakukan itu adalah ibadah. Maka bagi perempuan yang mampu mempersentasikan Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH)  di tingkat Provinsi Jabar mewakili sekolahnya itu adalah semata hanya ibadah. “Saya belum PNS tapi alhamdulilah kinerja bisa diperhitungkan, insya Allah dapat uangnya pun berkah bisa mengabdi terus ke dunia pendidikan kan niatnya ibadah, jadi guru itu harus sabar tapi juga punya dedikasi tinggi ke dunia pendidikan,” jelasnya sambil bercerita.
Bagi dia, salah satu faktor keberhasilan menjadi guru adalah mampu mengubah sikap dan tingkah laku siswa dari yang kurang baik menjadi lebih baik. Tak hanya itu, dengan melihat siswa meraswa senang belajar dengan guru merupakan suatu kebanggan yang bisa dirasakan sendiri. “Menjadi guru itu menyenangkan, karena guru berhadapan dengan manusia yang menuju dewasa dengan berbagai tingkah polah yang kadang-kadang bikin pusing, namun disanalah seni menjadi guru, melihat siswa senang belajar dengan kita saja itu sudah menjadi kebanggaan bagi saya,” ucapnya. (yna)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template