Memalukan, Banyak Guru Bolos Upacara Hardiknas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Memalukan, Banyak Guru Bolos Upacara Hardiknas

Memalukan, Banyak Guru Bolos Upacara Hardiknas

Written By Mang Raka on Selasa, 03 Mei 2016 | 15.00.00

-Pejabat Disdik Lemahabang Kecewa

LEMAHABANG, RAKA - Tatkala peringatan Hari Pendidikan Nasional, guru seharusnya memberi teladan sempurna bagi murid. Sayangnya, ini tidak ditunjukan saat upacara peringatan Hardiknas di Kecamatan Lemahabang. Banyak tenaga pengajar ini bolos sehingga hanya sedikit guru yang terlihat mengikuti jalannya upacara.
"Saya sudah sebar undangan ke semua kepala sekolah dan guru SMP/MTS dan SMA/SMK sejak Jumat. Masa kalah sama pegawai desa yang hadir saat upacara ini," sindir Rusta Anzela.
Pria yang akrab disapa Utok ini menambahkan, rasa kekecewaan itu muncul karena Hardiknas ini adalah hajat semua pendidik agar bisa mencerminkan perilaku mendidik. Kalau pun tidak bisa hadir karena ikut upacara di Karawang, paling tidak kepala sekolah SMP/SMA/SMK bisa mendelegasikan guru-guru lainnya. Padahal, tema Hardiknas tahun ini jelas mengajak para guru untuk kerja inovatif dan kompetitif.
Atas kondisi ini terus Utok, ia sarankan Dinas Pendidikan bisa mengevaluasi sekolah yang tidak disiplin terhadap upacara Hardiknas. "Ini soal bukan soal penting atau tidak penting guru itu hadir, tapi kedisplinan adalah kuncinya, Apalagi berangkat dari keluarga pendidikan," kata dia menyesalkan.
Kepala SMPN 1 Lemahabang, Eman S.pd mengatakan, dirinya balik kaget saat RAKA mengkonfirmasi ketidakhadiran para guru ketika upacara Hardiknas di kecamatan. Dirinya mengaku tidak tahu karena mengikuti upacara di Karangpawitan. Ia mengaku sudah mendelegasikan agar ada perwakilan guru sekolahnya berangkat upacara ke Lapangan Kantor Camat Lemahabang. " Padahal tos didelegasikeun, bapak mah kaleresan ngiringan upacara di lapangan Karangpawitan," aku dia.
Dihubungi terpisah Kepala SMPN 2 Lemahabang, Karyani S.pd mengatakan hal serupa. Ia juga mengikuti upacara di Karangpawitan sementara guru-gurunya diminta mewakili sekolah untuk upacara di kecamatan. Bahkan ada sebagian guru lain yang ditugaskan menggelar upacara Hardiknas langsung dengan siswa di sekolahan. "Abdi di Karangpawitan. Perwakilan guru di kecamatan, di sekolah mengadakan upacara sama siswa, mungkin kebanyakan di sekolah," kata dia menduga.
Sementara itu, pihak SMAN 1 Lemahabang dan SMK PGRI Lemahabang membantah para guru-gurunya tidak hadiri Hardiknas di kecamatan. "Kita hadir kok, mungkin gak absen saja," aku Wakasek SMK PGRI Yusuf Atojiri.
Sementara Guru di SMAN 1 Lemahabang Jaja Jalaludin mengatakan, ada sekitar 10 orang guru hadir saat upacara di kecamatan kemarin. Mungkin para guru usai upacara tidak menghadap atau ikut nimbrung. "Kita hadir, delegasikan humas 10 orang, kalau kepsek upacaranya di Karawang," kata dia menjelaskan. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template