Melihat Purwakarta dari Ketinggian - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Melihat Purwakarta dari Ketinggian

Melihat Purwakarta dari Ketinggian

Written By Mang Raka on Rabu, 25 Mei 2016 | 12.30.00

Gunung Parang Kian Menawan

TEGALWARU,RAKA - Siapa yang tidak tahu tempat para pecinta ketinggian di Purwakarta yang satu ini. Ya itulah Gunung Parang yang terletak di Kecamatan Tegalwaru. Sejak dibuka sekitar 30 tahun lalu, jalur daki Gunung Parang telah dipanjat ribuan pemanjat tebing, baik mereka pemanjat lokal dalam negeri, maupun mancanegara.
Gunung batu yang memiliki ketinggian tebing 983 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini, kini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menyediakan kegiatan wisata petualangan minat khusus, seperti rock climbing atau olah raga panjat tebing. Setelah sebelumnya Desa Sukamulya mulai melakukan penataan dengan membuat fasilitas rumah adat, kini giliran Desa Pasanggrahan yang menyediakan berbagai jalur bagi para pemanjat gunung tertinggi kedua se- Asia ini. "Kita saat ini fokus membuka jalur, sekarang baru dua titik karena satu lagi masih dalam tahap penyelesaian," ujar Kepala Desa Pasanggrahan Yadi Supriadi, kepada Radar Karawang, Selasa (24/5).
Menurutnya, keindahan alam Gunung Parang harus dimanfaatkan. Selain menjadi salah satu tempat yang layak untuk dikunjungi para wisatawan untuk menghilangkan rasa penat, juga dapat membantu menopang perekonomian masyarakat. "Kita punya program Pasanggrahan Lugay artinya menggeliat atau bergerak sesuai dengan program bupati," papar kades.
Dia berharap, dengan pemanfaatan wisata gunung ini, kesejahteraan masyarakat di wilayahnya dapat terbantu. Pasalnya, dari 5.127 jiwa penduduk Desa Pasanggrahan, hampir sebagian bermata pencaharian buruh bangunan. "Gunung Parang ini terbagi dua desa sebelah timur Sukamulya dan barat Pasanggrahan. Saya ingin warga pasanggrahan kedepan bisa memanfaatkan kampungnya sendiri," pungkasnya. (cr2)

Berbagi Artikel :

1 komentar:

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template