Masih Ada Perusahaan Nakal Buang Limbah B3 - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Masih Ada Perusahaan Nakal Buang Limbah B3

Masih Ada Perusahaan Nakal Buang Limbah B3

Written By Mang Raka on Kamis, 26 Mei 2016 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Karawang, mensosialisasikan peraturan lingkungan hidup kepada pemangku industri di Graha KIIC Telukjambe Timur, Karawang. Pasalnya,  hingga saat ini masih ada beberapa perusahaan yang nakal masih membuang limbah sembarangan.

"Sosialisasi ini perlu dilakukan untuk meningkatkan ketaatan perusahaan dalam hal pengelolaan lingkungan khususnya limbah yang mengandung bahan berbahaya dan beracun (B3)," ucap Kepala BPLH Setyadarma, kemarin.
Ditambahkan Setyadarma, pihaknya akan bekerjasama dengan sejumlah perusahaan agar tidak lagi menerima hasil produksi perusahaan yang masuk kategori nakal terutama dalam hal pengelolaan limbah B3. "Semua pabrik di kawasan industri harus bisa menjaga lingkungan serta memahami soal limbah B3  yang bisa mencemari lingkungan dan makhluk hidup di sekitar," kata Setyadharma
Menurut Setyadharma, pengelolaan limbah B3 diperlukan agar limbah B3 yang dihasilkan masing-masing unit produksi sesedikit mungkin dan bahkan diusahakan sampai nol, dengan mengupayakan reduksi pada sumber dengan pengolahan bahan, substitusi bahan, pengaturan operasi kegiatan, dan digunakannya teknologi bersih. Bilamana masih dihasilkan limbah B3 maka diupayakan pemanfaatan limbah B3.
Pemanfaatan limbah B3, lanjut Setyadharma  mencakup kegiatan penggunaan kembali (reuse), daur ulang (recycle), dan perolehan kembali (recovery) merupakan satu mata rantai penting dalam pengelolaan limbah B3. Dengan teknologi pemanfaatan limbah B3 di satu pihak dapat dikurangi jumlah limbah B3 sehingga biaya pengolahan limbah B3 juga dapat ditekan dan di lain pihak akan dapat meningkatkan pemanfaatan bahan baku. Hal ini pada gilirannya akan mengurangi kecepatan pengurasan sumber daya alam. Untuk menghilangkan atau mengurangi risiko yang dapat ditimbulkan dari limbah B3 yang dihasilkan maka limbah B3 yang telah dihasilkan perlu dikelola secara khusus.
Kebijakan pengelolaan limbah B3 yang ada saat ini perlu dilakukan dalam bentuk pengelolaan yang terpadu karena dapat menimbulkan kerugian terhadap kesehatan manusia, mahluk hidup lainnya dan lingkungan hidup apabila tidak dilakukan pengelolaan dengan benar. Untuk itu, semakin disadari perlunya Peraturan Pemerintah tentang Pengelolaan Limbah B3 yang secara terpadu mengatur keterkaitan setiap simpul pengelolaan limbah B3. (ops)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template