Marawis SMAN 3 Karawang Digemari Siswa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Marawis SMAN 3 Karawang Digemari Siswa

Marawis SMAN 3 Karawang Digemari Siswa

Written By Mang Raka on Sabtu, 28 Mei 2016 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA – Perkembangan teknologi dan informasi yang kian pesat, berpengaruh pada hampir setiap sendi kehidupan, tak terkecuali dalam berkesenian. Kesenian modern kian gencar digemari. Namun, di tengah hingar bingar kesenian modern tersebut, kesenian marawis masih digemari kaula muda, salah satunya di Sekolah Menegah Atas Negeri (SMAN) 3 Karawang Barat.
Wakasek Kesiswaan SMAN 3 Karawang Barat, Iwan mengatakan, bahwa dari beberapa ekskul yang ada di sekolah ekskul marawis tetap menjadi paling istimewa. Sebab, tak jarang dari mereka yang bisa memainkan alat-alat yang digunakannya itu. Maka istimewa dari ekskul itu sendiri ialah bukanlah orang-orang biasa. “Iya dong justru istimewanya itu, sesuatu hal yang tidak bisa dimanikan oleh semua manusia pada umumnya, hanya orang-orang yang dari kecilnya suka aktif di masjid atau pengajian dan pondok pesantren itu baru mereka bisa,” katanya.
Dia menjelaskan, bahwa marawis merupakan salah satu jenis band tepuk dengan perkusi sebagai alat musik utamanya. Beberapa alat musik yang digunakan untuk marawis ialah gendang kecil berdiameter 20 cm dengan tinggi 19 cm dan terbuat dari kayu yang bagian tengahnya dilubangi dalat dan dengan beberapa ukuran lainnya. “Inilah yang menjadi ciri khas musik, sehingga bisa disebut marawis,” jelasnya.
Sementara itu, Ketua Rohis, Adnan Saputro mengatakan, bahwa pelatihan yang digunakan dalam setiap minggunya itu tergantung dari hasil musyawarah dari setiap anggota marawis. Sebab, jika dari salah satu anggota yang tidak hadir. Maka pelatihan pun akan tidak sempurna. “Uniknya disitu juga kalau di marawis harus komplit semua anggota harus hadir saat latihan, kalau untuk latihan seminggu ada dua sampai tiga kali,” tuturnya.
Melihat ekskul yang tengah berkembang, Ketua OSIS SMAN 3 Karawang Barat, Naufal Alif menilai bahwa apa yang tengah dilakukan mereka adalah sebagai bentuk perkembangan diri dari bakat yang mereka miliki. Maka pihak sekolah adalah untuk memfasilitasi kebutuhan yang dibutuhkan oleh siiwa. “Bagus dong, karena disinilah kita dilatih untuk terus dan bisa berkembang dengan keahlian yang kita miliki masing-masing,” ungkapnya. (yna)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template