Marak Garam Tanpa Yodium di Cilamaya - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Marak Garam Tanpa Yodium di Cilamaya

Marak Garam Tanpa Yodium di Cilamaya

Written By Mang Raka on Jumat, 20 Mei 2016 | 12.30.00

-Rentan Timbulkan Penyakit

CILAMAYA WETAN, RAKA- Kebutuhan yodium dalam garam ternyata banyak diabaikan masyarakat. Bahkan, banyak beredar produk garam tidak beryodium terjun bebas di pasaran, kondisi ini selain mengancam metabolisme bagi balita dan ibu hamil, juga pemicu penyakit gondok.
Kepala UPTD Puskesmas Cilamaya dr Ajiz Ghofur menuturkan, pihaknya sudah menyisir satu sekolah di SDN Mekarmaya 1 kaitan jajanan dan makanan anak-anak yang mengandung kadar garam. Saat dicek, ternyata tidak satupun dari jajanan dan makanan yang dikonsumsi anak-anak ini garamnya mengandung yodium.
Kondisi ini membuatnya proihatin, karena harga garam beryodium sama-sama murah, tetapi masih dikesampingkan. Mungkin terka dokter asal Telagasari ini, itu akibat dari ketidaktahuan masyarakat pada produk-produk garam beryodium. "Saya cek ke SDN Mekarmaya 1, ternyata tidak satupun ada konsumsi garam beryodium, ini sangat prihatin," keluh dia.
Ajiz menambahkan, harga garam hanya Rp 3 ribu, tubuh manusia membutuhkan 2 sendok teh garam setiap harinya yang mengandung yodium, bukan NHCL nya. Untuk itu, pandai-pandailah masyarakat mengkonsumsi garam beryodium ini, karena jika kekurangan yodium khususnya ibu hamil dan balita, dipastikannya muncul kerentanan penyakit seperti kecacatan janin, atau penyakit gondok pada anak-anak.
Untuk itu, tambah Ajiz, mencegah lebih baik daripada mengobati, apalagi kadar garam yang mengandung yodium ini bisa dibedakan saat dibiarkan, yaitu menguap. "Kadar garam yang mengandung yodium itu menguap saat ditiriskan, jadi mulai sekarang harus sering konsumsi garam beryodium," tandas dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template