Malam Syaban Ajang Perbanyak Ibadah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Malam Syaban Ajang Perbanyak Ibadah

Malam Syaban Ajang Perbanyak Ibadah

Written By Mang Raka on Jumat, 20 Mei 2016 | 12.00.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Hari Jumat malam Sabtu ini, ummat Islam menghadapi pertengahan bulan Syaban atau akrab disebut Nishfu Syaban. Ritual rutin umat muslim tanah air saat datangnya malam yang diyakini sebagai akhir pertanggungjawaban amal selama setahun terakhir.
Menurut Pimpinan Pondok Pesantren Al Burdah Desa Bayurkidul Kecamatan Cilamaya Kulon, KH Aning Amrullah, Sya'ban sendiri artinya jalan kebaikan, adapun di bulan ini dsebut sebagai bulan dimana amal-amalan umat diangkat atau dilaporkan kepada Allah SWT. Sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW dalam hadistnya.
Karenanya, amalan yang dianjurkan nabi saat menghadapi bulan Syaban dan pertengahannya terus Aning, adalah dengan berpuasa dan menghidupkan malamnya dengan memperbanyak ibadah. Sementara kalangan Nahdliyin ada anjuran amalan-amalan di malam Nishfu Syaban yaitu dengan membaca surah Yasin 3 kali berturut-turut dengan selipan doa di setiap jeda. "Syaban itu artinya jalan kebaikan, maka amalan yang harus dilakukan umat adalah dengan memperbanyak ibadah," ulas dia.
Sementara itu, Anggota DKM Masjid Jame Aimmatil Mujtahidin, ustad Tata Chaerudin menuturkan malam Nisyfu Syaban sudah menjadi tradisi memperbanyak amalan husnul khotimah di akhir pertanggungjawaban dihadapan Allah SWT. Harapan itu lanjutnya, menjadi keberkahan seabreg persiapan menyambut bulan suci Ramadan. Pada dasarnya, semua bulan dalam hitungan hijriyah itu baik, namun dari sisi keutamaan Allah dan nabi Muhammad yakni Rajab, Syaban dan Ramadan sebagai bulan-bulan yang penuh keberkahan.
Untuk itu, di tengah cara ritual yang berbeda-beda dalam menyikapi malam Nishfus Syaban, yang jelas ummat dianjurkan agar senantiasa meningkatkan kadar ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT. "Pada dasarnya semua bulan hijriyah itu baik, tapi khusus 3 bulan ini yang diistimewakan Allah SWT," kata dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template