Mafia KK Palsu di Jatisari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Mafia KK Palsu di Jatisari

Mafia KK Palsu di Jatisari

Written By Mang Raka on Kamis, 19 Mei 2016 | 12.00.00

-Mangsa Warga yang Malas Urus Dokumen Kependudukan

JATISARI, RAKA - Dokumen kependudukan merupakan dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia. Yang sering bermasalah adalah nomor induk kependudukan (NIK) yang tercantum di Kartu Keluarga maupun Kartu Tanda Penduduk (KTP).
Kasi Kependudukan Kecamatan Jatisari, Iwir Wijaya, mengaku sering menemukan kasus tidak sesuainya NIK antara di KK dengan KTP. Dia meminta kepada warga jika ada kesalahan NIK agar membuat ulang KK. Karena jika tidak segera diurus, akan terjadi kesalahan data. Bahkan saat dibutuhkan untuk hal tertentu, seperti berkaitan dengan bank dan lainnya, warga harus bolak-balik ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil) untuk menyelesaikan persoalan kesalahan NIK tersebut. "Kalau NIK nya salah, kedepannya akan salah terus. Dokumen apapun. Ini yang harus dipahami oleh masyarakat," ujarnya kepada Radar Karawang, Rabu (18/5) kemarin.
Disinggung mengenai KK palsu, dia menyampaikan, di Kecamatan Jatisari juga pernah ditemukan KK palsu hasil scan orang yang tidak bertanggung jawab. Rata-rata diketahui saat akan mengurus dokumen kependudukan lainnya, seperti saat membuat akta kelahiran.
Dokumen palsu tersebut pernah ditemukan dari warga Desa Cikalongsari sebelum dipimpin oleh Endang. Dia juga menyampaikan, oknum yang menyalahgunakan dokumen kependudukan sangat bertentangan dengan hukum. Dia meminta kepada warga Jatisari membuat dokumen kependudukan sendiri, agar bisa sama-sama melakukan pengawasan perjalanan berkas persyaratan, sampai pada berkas yang dimohon itu jadi. "Lebih baik mengurus sendiri. Jadi semuanya jelas. Daripada menyuruh orang lain. Terus hasilnya diragukan. Maksudnya kami takut adanya oknum yang menyalah gunakan data atau dokumen tersebut," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template