MA Perintahkan Pilkades Ulang di Tiga Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » MA Perintahkan Pilkades Ulang di Tiga Desa

MA Perintahkan Pilkades Ulang di Tiga Desa

Written By Mang Raka on Jumat, 13 Mei 2016 | 13.00.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Upaya Pemerintah Kabupaten Karawang mempertahankan hasil pemilihan kepala desa (pilkades) di tiga yaitu Desa Sumurgede Kecamatan Cilamaya Kulon, Desa Bengle Kecamatan Majalaya dan Desa Situdam Kecamatan Jatisari, kembali kandas.
Selain pengajuan kasasi atas putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) ditolak Mahkamah Agung (MA), upaya peninjauan kembali (PK) yang dilayangkan pemkab juga ditolak MA. Alhasil, pemkab tetap diperintahkan segera mencabut SK Bupati atas tiga kades dan menggelar pilkades ulang. "Situdam lebih dulu keluar penolakan kasasi dan PK. Bengle dan Sumurgede berbarengan," ungkap penggugat hasil Pilkades Sumurgede, Dedi kepada Radar Karawang, kemarin.
Pihaknya mengapresiasi hasil putusan upaya hukum luar biasa atau yang akrab disebut permohonan PK oleh Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan Kades Sumurgede Yahya Sulaeman resmi ditolak MA. Akhirnya upaya pemkab yang mengulur waktu eksekusi dengan alasan masih adanya upaya PK sudah final, dan tidak terbantahkan. Putusan MA itu resmi dikeluarkan tanggal 10 Maret 2016 melalui surat pengantar PTUN Bandung ke Mahkamah Agung sebelumnya Nomor W2.TUN2/1335/Hk.06/XI/ 2015 sejak tanggal 27 November 2015, dan penolakan dengan nomor perkara 159PK/TUN/2015, yang diputus 10 Maret kemarin. Salinan putusan itu sudah ada di pengadilan dan saat ini dirinya belum menerimanya. "Kasasi ditolak, sekarang PK juga resmi ditolak MA, mau upaya apa lagi?" Ungkap Dedi kepada Radar Karawang.
Ia berharap keluarnya penolakan PK ini bisa membukakan mata pemkab, agar tidak menunda pilkades ulang yang diperintahkan MA. "Semoga saja ini menambah dasar pertimbangan keputusan yang kuat bagi eksekutor," ujarnya.
Hingga berita ini diturunkan Kabag Hukum Pemkab Karawang Kiki Saubari belum memberikan keterangan. Telepon dan pesan singkat Radar Karawang tidak dibalas. (rud)


Jejak Sengketa Pilkades

April 2013
6 calon kades menggugat ke PTUN Bandung

17 Juli 2013
Putusan PTUN Bandung keluar

25 Februari 2014
PTUN Jakarta tolak banding bupati
Naik kasasi ke MA

22 Oktober 2014
Keluar putusan penolakan kasasi dari MA

24 Agustus 2015
Salinan putusan MA dikeluarkan PTUN Bandung dengan ttd Paniter Subejo SH

10 Maret 2016
MA tolak peninjauan kembali (PK) hasil putusan PTUN yang diajukan oleh Pemkab Karawang.
MA tetap memerintahkan pemkab mencabut SK pengangkatan tiga Kades di Sumurgede, Bengle dan Situdam. Dan memerintahkan untuk menggelar pilkades ulang.

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template