Lulusan SMKN 1 Karawang Punya Sertifikat LSP P1 - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Lulusan SMKN 1 Karawang Punya Sertifikat LSP P1

Lulusan SMKN 1 Karawang Punya Sertifikat LSP P1

Written By Mang Raka on Selasa, 24 Mei 2016 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Karawang menjadi satu-satunya sekolah di Kabupaten Karawang yang sudah menjadi sekolah Lembaga Sertifikasi Propesi di SMK (LSP P1). Pasalnya, sekolah tersebut sudah mendapatkan sertifikat LSP P1 dari Badan Nasional Sertifikasi Perofesi (BNSP).
Drs Wiyono MT, ketua LSP P1 SMKN 1 Karawang mengatakan, ada 26 SMK di Indonesia yang telah melakukan kesepatakan atau MoU dengan BNSP, salah satunya adalah SMKN 1 Karawang. Nantinya di Kabupaten Karawang akan ada 16 SMK yang akan menyusul melakukan MoU dengan BNSP. “Bagi sekolah yang sudah menjadi LSP P1, maka semua lulusan siswa-siswinya akan terjamin untuk bisa masuk ke dunia kerja dengan mudah. Bahkan sertifikat yang didapt oleh siswa, sambungnya, bukan hanya bisa digunakan di Indonesia melainkan di tingkatan MEA,” katanya, kepada RAKA, Senin (23/5).
Masih dikatakan dia, program tersebut memang menjadi salah satu solusi untuk menghadapi MEA. Dengan demikian, lulusan SMK di Indonesia bisa bekerja dengan mudah di negara-negara yang bergabung di MEA. “Ya semoga saja ini bisa menjadi modal besar bagi masyarakat  Indonesia dalam menyelesaikan masalah pengangguran,” harapnya.
Tak hanya itu, menurut dia, di tahun 2017 semua SMK di Indonesia harus sudah menjadi LSP P1, hal tersebut dilakukan agar semakin mempermudah para generasi muda di Indonesia untuk mencari kerja. Dan untuk menjadi sekolah LSP P1, setiap sekolah harus membuat dokumen, memiliki tim assesor dan lainya. “Untuk SMKN 1 Karawang sendiri saat ini membawahi beberapa sekolah seprti SMK Tekmaco, SMK PGRI Telagasar, SMK TI Muhhammdiyah Cikampek dan SMK Texar. Dimana sekolah tersebut menjadi sebagai tempat uji kompetensi yang juga para siswanya akan mendapatkan sertifikat LSP P1,” pungkasnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template