Limbah Kandang Ayam Ancam Petani Lemahabang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Limbah Kandang Ayam Ancam Petani Lemahabang

Limbah Kandang Ayam Ancam Petani Lemahabang

Written By Mang Raka on Kamis, 26 Mei 2016 | 13.30.00

LEMAHABANG, RAKA  - Sedikitnya 6 unit kandang ayam sudah berdiri kokoh di lahan-lahan teknis di sejumlah desa Kecamatan Lemahabang. Produksi ayam negeri yang rutin dipanen sebulan sekali itu makin membuat warga kian tak betah. Apalagi di musim penghujan seperti saat ini. Limbah ayam menjadi lembab tersapu angin menebarkan aroma busuk di sekitarnya. Ancaman penyakit juga mengintai warga jika dibiarkan terus menerus.
Salah seorang warga Desa Pasirtanjung Ade Syukur mengatakan, polusi limbah kandang ayam sangat menganggu penciuman masyarakat Pasirtanjung. Padahal lokasinya berada di Desa Waringinkarya. Bahkan, saking baunya yang menyengat dirinya tidak kuasa menahan rasa mual dan muntah. Radius kandang yang tidak jauh dari pemukiman membuat warga ogah makan dan minum. Meskipun terus Ade jaraknya antara keduanya sekitar 1 kilometer. "Waduh kang, limbah kandang ayam di Waringinkarya polusinya bikin saya mual," keluh dia.
Staf Satpol PP Kecamatan Lemahabang Abdul Fatah mengatakan, sedikitnya ada 6 unit kandang ayam yang berdiri kokoh di beberapa desa. Jarak dan radius ketika pertama kali dibangun memang jarang diperhatikan. Bahkan, kata dia, tak jarang keberadaannya juga menggerus lahan teknis. Meskipun ada sebagian yang sudah bangkrut, namun lebih banyak yang berproduksi.
Ia merinci, lokasi kandang ayam tersebut tersebar di Desa Ciwaringin, Waringinkarya, Pasirtanjung, Lemahmukti dan Karangtanjung. Ia mendesak para pengusaha kandang ayam tersebut tak sembarangan membuang limbah ataupun menumpuknya hingga basah. Sebab selain kesehatan dan kenyamanan warga, limbah itu bisa mengundang hama dalam jumlah besar. "Ini akibat radius yang tidak diperhatikan sebelumnya. Mereka asal berdiri dan asal tandatangan izin lingkungan, saat terkena dampak semuanya kebagian," jelas mantan Sekdes Ciwaringin ini.
Lebih jauh Dul Fattah menambahkan, jika ada masyarakat yang merasa terganggu aktivitas limbah, dirinya menghimbau segera melapor langsung ke PolPP dan kecamatan untuk ditindaklanjuti. Setidaknya, ia bisa melakukan teguran keras, bahkan jika diperlukan kalau memang tidak diindahkan, bisa sampai menyegel atau menyetop produksi kandang ayam yang merugikan masyarakat. "Jika ada yang terganggu akibat limbah kandang ayam. Ayo lapor ke Pol PP dan kecamatan, biar kami menegurnya," tambah dia.
Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Lemahabang, H Rasidi SKm mengatakan limbah ayam yang beraroma tidak sedap melalui udara
Jelas-jelas mengganggu kesehatan masyarakat. Beberapa penyakit bisa mengancamnya seperti Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), penyakit kulit dan sesak yang disebabkan kandungan amoniaknya. Ia sarankan, jika bau sudah menyengat warga diminta pakai masker dan menutup rapat makanan. Karena khawatir udara yang menyebar itu bercecer penyakit kemana-mana. "Penyakit seperti ISPA dan kulit bisa mengancam masyarakat jika limbah kandang ayam dibiarkan lembab dan beraroma tidak sedap melalui udara," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template