Lengkapi Sekolah dengan Laboratorium - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Lengkapi Sekolah dengan Laboratorium

Lengkapi Sekolah dengan Laboratorium

Written By Mang Raka on Senin, 02 Mei 2016 | 12.00.00

KLARI, RAKA - Laboratorium merupakan sarana penting yang mesti dilengkapi. Saat ini fasilitas itu sudah menjadi kebutuhan pokok dalam proses belajar mengajar. Hanya, sayangnya, untuk kebutuhan ini baru segelintir sekolah saja yang memiliki.

"Kita ingin semua sekolah harus dilengkapi dengan sarana lainnya, agar kegiatan belajar dapat optimal," ucap Ahmad Faisal Ridho, pemerhati masalah pendidikan, belum lama ini. Dia mendesak agar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) melengkapi sekolah dengan fasilitas laboratorium. Sementara fasilitas penunjang lainnya harus segera dibuatkan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.
Faisal yang juga warga Klari ini menuturkan, dinas terkait dalam meningkatkan kualitas pendidikan, hal pertama yang harus diperhatikan adalah penunjang proses belajar. Fasilitas laboratorium akan mudah dalam pembelajaran, terutama dalam melakukan pelajaran yang langsung dipraktekan. Kualitas pendidikan di Karawang harus ditingkatkan, terutama untuk membantu memcerdaskan anak bangsa. "Fasilitas laboratorium akan mempermudah siswa dalam belajar di sekolah," katanya.
Dia melanjutkan, dinas terkait harus membuat program pembangunan laboratorium secara berkala, terutama terlebih dahulu sekolah yang membutuhkan. Percepatan pembangunan infrastuktur pendidikan, ditambah dengan menggunakan teknologi yang baik akan mudah diserap siswa. Semua siswa sudah mengerti tekhnologi harus diarahkan dengan baik, melalui sarana laboratorium dalam belajar. "Kita ingin bentuk siswa yang berprestasi, terutama ditunjang dengan sarana yang memadai," pungkasnya.
Perlu dijelaskan, kurangnya sarana pendukung belajar saat ini dinilai telah mempersulit siswa dalam penyerapan ilmu yang diajarkan di sekolah. Minimal setiap sekolah harus memiliki perpustakaan dalam menambah pengetahuan siswa. "Kami ingin belajar ditunjang dengan sarana pendukung, agar lebih enak kalau belajar," ujar Siswi SMK Al Munarwar, Desa Tamelang, Putri Aulia.
Putri menilai sulitnya proses transper ilmu dari guru ke siswa disana diakibatkan kurangnya sarana pendukung yang bisa memudahkan siswa melakukan penyerapan ilmu.
Putri mendesak agar Disdikpora  meningkatkan sarana dan prasarana pendukung belajar. Hal itu diperlukan  agar siswa dapat cepat menangkap materi pembelajaran.  Dia optimis jika pemerintah memenuhi kebutuhan belajar itu akan banyak siswa-siswa pintar di Kecamatan Purwasari.
Putri menambahkan, proses kegiatan belajar mengajar (KBM) siswa sekolah harus ditunjang dengan berbagai sarana penukung, seperti laboratorium, perpustakaan, sarana praktek siswa serta lainnya. Disdikpora Kabupaten Karawang seharusnya meningkatkan infrastuktur sekolah dengan ditunjang sarana yang lainnya, agar proses belajar siswa optimal. (ari)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template