Lebih Sukses Jadi Pengusaha - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Lebih Sukses Jadi Pengusaha

Lebih Sukses Jadi Pengusaha

Written By Mang Raka on Selasa, 03 Mei 2016 | 13.30.00

PURWASARI, RAKA - Ibeng Gondewa terbilang sukses menekuni usaha burung Merpati selama 3 tahun. Akan tetapi, jiwa enteurprener dimilikinya membawa dia untuk ikut mencoba peruntungan lebih besar, yakni jual beli domba.
Hal ini diungkapkan Ibeng Gondewa menuturkan bahwa jauh sebelum menggeluti usaha jual beli kambing, usaha yang dilakukan dari tahun 2010 tersebut hanyalah penjual burung Merpati yang tidak seberapa besar keuntungannya. "Dulu, sebelum beranikan diri menjadi pengusaha jual beli kambing, saya hanya sebagai pedagang burung merpati. Keuntungannya dulu tidak seberapa," terangnya.
Akan tetapi, sambung dia, usaha sebagai penjual burung merpati pun terus dilakukannya. Selama 3 tahun dijalani untuk menafkahi anak dan istrinya. "Sudah hampir 3 tahun saya menggeluti usaha penjual burung Merpati," ucapnya.
Ia bahkan merelakan pekerjaannya sebagai buruh di sebuah perusahaan demi mengejar mimpi sebagai pengusaha. "Saya lebih memilih keluar dari pabrik dan buka usaha sendiri, walaupun penghasilan kecil tapi ketentraman dan pengalaman didapatkan dalam usaha. Selama enam tahun terhitung dari 2010 hingga 2016 saat ini," katanya.
Kini usahanya itu telah sukses dengan rata penjualan ratusan ekor kambing tiap bulan. Bahkan cakupan bisnisnya sudah merambah hingga ke luar daerah. "Kini usaha jual beli kambing sudah hampir keluar daerah kebanyakan sih ke Jakarta dan daerah Bandung, Tasik dan Garut," paparnya.
Sehingga itu, tambah dia, saat ini dirinya pun sudah membuka usaha sebagai peternak burung kicau Pleci, yang memang kebetulan sekali dirinya piawai dalam merawat serta mempercantik suara. Hal tersebut menjadikan usaha plecinya panen uang dengan rata-rata harga burung hingga jutaan rupiah. "Saya pun kebetulan sebagai ketua perkumpulan Single Fhigther Pleci Purwasari, dan melihat hal itu, kini saya pun buka kios perawatan Burung pleci dalam keindahan suara nantinya," pungkasnya. (cr1)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template