Kualitas Pelayanan Angkot Tingkatkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kualitas Pelayanan Angkot Tingkatkan

Kualitas Pelayanan Angkot Tingkatkan

Written By Mang Raka on Senin, 16 Mei 2016 | 14.30.00

KARAWANG, RAKA - Desakan agar masyarakat Karawang menggunakan angkutan umum perkotaan (angkot) sebagai moda transportasi agaknya masih harus dipertimbangkan. Terlebih jika mencermati kualitas pelayanan angkot selama ini yang belum memuaskan.

"Sebagai warga Karawang cinta lingkungan saya berharap angkutan kota (angkot) bisa menjadi moda transportasi masyarakat. Untuk itu, saya pun sadar tidak mudah memang, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Hal itu bisa saja terjadi jika para pengusaha angkotpun punya rasa kepedulian untuk meningkatkan kualitas layanan angkot," ucap Pepi Tea, pengguna jasa angkot di Karawang, baru-baru ini.
Hanya saja, lanjut Pepi, itupun perlu dukungan sarana dan prasarana. "Selama ini jika dicermati sarana dan prasarananya termasuk infrastruktur yang ada memang belum memadai. Jarak tempuh yang dilalui juga belum sesuai demikianpun jumlah trayek yang ada juga tidak sesuai. Intinya, masih banyak yang perlu dipertimbangkan untuk berharap menetapkan angkot sebagai moda transportasi masyarakat," jelas Pepi.
Hal sama diungkapkan Alie Joehari, juga pengguna jasa angkot Karawang. Meski tidak menampik keberadaan angkot hingga kini tetap dibutuhkan sebagai moda transportasi masyarakat, namun dia berharap agar ada peningkatan kualitas layanan umum tersebut. "Kualitas angkutan umum amat sangat perlu ditingkatkan. Hal itu karena angkutan umum amat diperlukan lantaran menjadi bagian dari perekonomian masyarakat," ungkap Alie.
Masih dikatakan Ali, hal pertama yang mesti diperbaiki adalah terminal. Banyak terminal di karawang yang tidak berfungsi. Yang memprihatinkan ternyata angkot malah lebih suka ngetem di pinggir jalan bukan di terminal. Alhasil imbasnyapun langsung dirasakan masyarakat, jalan menjadi macet, terus dari kondisi mobil itu sendiri banyak angkot yang sudah tidak layak jalan, tetapi masih dibiarkan beroperasi. Padahal dari segi keamanan angkot-angkot itu bukan hanya membahayakan pengemudinya tetapi juga masyarkat sebagai penumpang angkot tersebut.
Dari sisi kemacetan, Muslim Hafidz, pemerhati masalah lalulintas, mengatakan hal paling gampang terlihat seperti terjadi di Jalan Bypass Ahmad Yani sepanjang Kantor Pemda hingga Lapangan Karangpawitan. Seperti Macet permanen setiap kali bubaran sekolah harus segera terentaskan. "Permasalahan macet di ruas bypass Ahmad Yani harus segera dientaskan. Hanya saja, untuk itu perlu strategis transportasi," tandasnya.
Strategis transportasi yang dimaksud, diterangkakan Hafidz, diantara dengan mensterilkan ruas bypass dari transportasi umum dengan tremp atau mobil wisata dan bus sekolah. Sementara angkutan umum seperti angkot fungsinya diperluas dengan membuat formulasi yang bagus sehingga dapat menopang peningkatan perekonomian masyarakat. (ari)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template