Koperasi di Karawang Belum Mandiri - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Koperasi di Karawang Belum Mandiri

Koperasi di Karawang Belum Mandiri

Written By Mang Raka on Rabu, 04 Mei 2016 | 16.00.00

KARAWANG, RAKA - Keberadaan Koperasi saat ini menjadi bagian pembangunan Karawang. Untuk itu besar peranan koperasi dalam memacu peningkatan tarap hidup masyarakat melalui pertumbuhan perekonomian. Karena itu pula Dinas Koperasi dan UMKM berencana membentuk koperasi mandiri dan taat azas. Saat ini koperasi yang terdata dalam proses pembinaan mencapai 1550 koperasi.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Karawang, Asep Junaedi mengatakan itu, kemarin. Dikatakannya, Dinas Koperasi dan UMKM akan terus melakukan pembinaan terhadap koperasi di Karawang. Dengan adanya peraturan menteri tahun 2015, Dinas Koperasi dan UMKM ingin memciptakan koperasi yang mandiri, maju dan adil bagi seluruh anggotanya. "kita berharap dari koperasi yang mandiri, maju dan adil akan membantu warga Karawang," ungkapnya.
Dengan dasar itu, Dinas Koperasi dan UMKM memiliki peran penting untuk menciptakan koperasi yang memiliki manfaat banyak bagi anggotanya. "Prinsif koperasi yang demokratis dan transfaran, serta dukungan anggota yang produktif akan menciptakan kemajuan koperasi. Ini yang terus kita tekankan terhadap anggota," katanya.
Dikatakannya, koperasi yang ada di Karawang harus memiliki manfaat banyak bagi anggota, yang tidak lain warga Karawang. "Kita berharap keberadaan koperasi ikut membantu ekonomi masyarakat," terangnya.
Kabid Wasdal Dinas Koperasi dan UMKM Karawang, Heri Daryanto mengatakan selain menciptakan koperasi yang taat azas, Dinas Koperasi dan UMKM Karawang juga menghimbau anjuran Pemerintah Karawang melalui edaran Bupati Karawang yang meminta koperasi yang ada di Karawang untuk mengikutsertakan pengurus koperasi menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. "Ini sesuai dengan intruksi Bupati No.560/554/Disnakertrans, dimana seluruh koperasi harus mengikutsertakan seluruh pengurus koperasi yang ada di Karawang," kata Heri.
Manager KSP Jaya Mandiri, Heston Manulang mengatakan untuk koperasi Jaya Mandiri merupakan bagian dari group Makmur Mandiri yang sudah tersebar di 10 Provinsi. Dengan hampir 57 cabang tersebar. "Terkait keberadaan di Karawang untuk KSP Jaya Mandiri kita ada empat kantor saat ini," akuinya.
Terkait langkah-langkah Dinas Koperasi dan UMKM Karawang, Heston Manulang mengaku kalau pengawasan yang dilakukan saat ini memang perlu dan bagus. "Kita berharap pengawasan ini bersifat membangun dan membuat keberadaan koperasi bisa mandiri," terangnya. (dri)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template