Koperasi Ciparage Cuma Untung Rp 14 Juta per Tahun - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Koperasi Ciparage Cuma Untung Rp 14 Juta per Tahun

Koperasi Ciparage Cuma Untung Rp 14 Juta per Tahun

Written By Mang Raka on Sabtu, 28 Mei 2016 | 14.00.00

TEMPURAN, RAKA - Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Karawang mempertanyakan pendapatan Sisa Hasil Usaha (SHU) Koperasi Produksi Perikanan Laut (KPPL) Ciparagejaya yang belum lama ini menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT). Tercatat, SHU dari KPPL pimpinan Wakil Ketua DPRD Karawang ini hanya menghasilkan Rp 14 juta per tahun. Mayoritas berasal dari hasil usaha sektor unit Es yang sangat rendah.
Ketua HNSI Karawang Jejen Zaenal Mutakin mengapresiasi kegiatan KPPL Cipareg menggelar RAT dengan rapi. Dirinya mengharapkan agar semua Tempat Pelelangan Ikan (TPI)  yang ada di Karawang bisa kembali diberdayakan dengan membentuk koperasi-koperasi perikananan. Agar unit TPI benar-benar menjadi unit yang otonom dan mandiri untuk koperasi perikanan di Karawang.
Namun terus Jejen, untuk KPPL Samudra Mulya Ciparagejaya, dirinya atas nama anggota secara management menyarankan agar sektor pengadaan Es ditata dengan proporsional. Jejen menyindir keuntungan es dalam setahun hanya Rp  1 juta. Baginya ini benar-benar tidak masuk akal. "KPPL Samudra Mulya ini sudah bagus, hanya saja, saya tidak mengerti mengapa keuntungan es hanya Rp 1.140.000 pertahunnya, ini harus ditata kembali," ujar dia.
Lebih jauh mantan Ketua KUD Mina Singaperbangsa ini menambahkan dulu SHU unit usaha es menjadi sumber utama pemasukan keuntungan koperasi. Tetapi apa daya, saat ini berkisar Rp 1,4 jutaan.
Memang tambah Jejen, ini tidak bisa dilepaskan imbas vakumnya kepengurusan sebelumnya. Akan tetapi sebagai anggota di KPPL dan Ketua HNSI, ia sangat mengharapkan ada gerakan perubahan manajemen. Khususnya untuk unit es. "Harus ada perubahan management, sebagai bentuk evaluasi dari usaha es yang minim tahun ini," pungkasnya. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template