Konsep Tabungan Jamaah Hindarkan Warga Dari Jerat Rentenir - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Konsep Tabungan Jamaah Hindarkan Warga Dari Jerat Rentenir

Konsep Tabungan Jamaah Hindarkan Warga Dari Jerat Rentenir

Written By Mang Raka on Senin, 30 Mei 2016 | 15.30.00

TELAGASARI, RAKA - Menyambut datangnya bulan suci Ramadan, Yayasan Al Jawahiriyah Desa Pasirtalaga Kecamatan Telagasari menggelar santunan ratusan anak yatim, jompo dan kaum dhuafa. Kegiatan yang dipadukan dengan haul ke 3 pendiri Yayasan KH Jauharudin ini juga menjadi agenda tahunan.
Dikatakan Ketua Yayasan Al Jawahiriyah H Suryana bahwa kegiatan santunan kepada 60 yatim piatu dan 35 jompo ini merupakan satu dari sekian rentetan acara tahunan yang digelar yayasannya. Selain menyambut Ramadan, kegiatan ini juga dipadukan dengan haul ke 3 pendiri dan sesepuh yayasan, KH Jauharudin. Yayasan sendiri terus berkembang dengan bertambahnya sarana keagamaan seperti musala, PAUD, majelis taklim dan kelompok pemberdayaan ekonomi jamaah. Semuanya itu diharapkannya bisa terus berkembang seiring dengan semakin masifnya komunikasi dengan relasi dan donatur selama ini.
Dengan menghadirkan penceramah dari Kecamatan Tirtamulya KH Ainul Yakin jemaah yang hadir dan menjadi anggota yayasan datang untuk membersihkan diri menyambut Ramadan.
Lebih jauh ia juga menekankan akan pentingnya pemberdayaan ekonomi yayasan. Melalui konsep Jamaah To Jamaah, dengan menambung Rp 2000 perminggunya, justru sangat ampuh mengurangi pinjaman kaum ibu ke bank rentenir. Jamaah yang awalnya berjumlah  45 orang kemudian menjadi 325 jemaah bahkan bisa meminjam uang sebagai sumber modal ekonomi dan perdagangan. Terakhir, sirkulasi tabungan 2 ribu perminggu ini menyentuh angka Rp 24 jutaan dalam satu tahun.
Makanya ia berharap kegiatan yayasan yang bergerak di bidang sosial dan pemberdayaan ini, bisa membawa manfaat bagi lingkungan masyarakat. "Ekonomi ini bisa maju kalau kita rangkul, maka yayasan dengan pola Jamaah to jamaah bisa menekan volume pinjaman ke rentenir," tandas dia.
Wakil Ketua DPRD Karawang, Sri Rahayu Agustina bersama Elly Amalia Priatna yang ikut hadir kegiatan sosial Al Jawahiriyah mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia meyakini langkah yayasan membuat kegiatan ini membawa manfaat bagi masyarakat sekitar. Anak-anak yatim yang kurang beruntung dan kaum Dhuafa lainnya diberikan bantuan.
Diakui Sri, dirinya juga memiliki anak-anak yatim binaan, dari mereka sering dimintakan doa agar setiap harapan, langkah dan cita-cita perjuangan wanita ini bisa membawa berkah. "Kami acungkan jempol pada yayasan ini, dan semoga bisa menjadi contoh untuk yayasan lainnya," tandas dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template